Efektivitas Penerapan Teknik Permainan (Games) Dalam Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Interaksi Sosial Siswa ( Studi Deskriptif Kuantitatif Pada Siswa Kelas XI IPA2 SMAK Sint. Carolus Kupang Tahun Pelajaran 2020)

BHISA, Atnasius (2020) Efektivitas Penerapan Teknik Permainan (Games) Dalam Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Interaksi Sosial Siswa ( Studi Deskriptif Kuantitatif Pada Siswa Kelas XI IPA2 SMAK Sint. Carolus Kupang Tahun Pelajaran 2020). Diploma thesis, Unika Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK ANDI.pdf

Download (507kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (169kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (353kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (510kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (464kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (170kB)

Abstract

Masalah dalam penelitian iniadalah apakah teknikpermainan (games)dalambimbingan kelompokefektif untuk meningkatkaninteraksi sosialsiswa kelas XIIPA2di SMAK Sint. Carolus Kupangtahun pelajaran 2020? Tujuan penelitianiniadalah untuk mengetahuiefektivitaspenerapan teknik permainan (games) dalambimbingan kelompokuntukmeningkatkan interaksi sosialsiswa kelas XIIPA2di SMAK Sint. Carolus Kupangtahun pelajaran 2020.Jenis Penelitianini adalahpenelitiankuantitatif dengan tipe pra-eksperimen one group pretest-postest design. Instrumen yang digunakan dalam penelitianini adadua yaitu instrumen pengumpul data berupa angket interaksi sosialdan instrumen perlakuan berupa pedoman penerapan teknikpermainan (games)dalamlayanan bimbingan kelompok.Teknik analisis data menggunakan rumus uji ttest.Hasil analisis data diperoleh nilai thitungsebesar 8.517sedangkan nilaittabelpada taraf signifikansi1%dengan dk=N-2adalah4,604.Dengan demikian nilai thitung>ttabel. Hal ini menunjukanbahwa penerapan teknik permainan (games) dalam bimbingankelompokefektifmeningkatkaninteraksi sosialsiswakelas XIIPA2di SMAK Sint. Carolus Kupangtahunpelajaran 2020.Berdasarkanhasilpenelitianini, penelitimemberikan saran kepada :1. Kepala sekolah,diharapkan untuk meningkatkan kerjasama dengan semua pihak baik guru BK maupun guru mata pelajaran dan wali kelas dalam melancarkan kegiatan-kegiatan layanan bimbingan kelompok dengan teknikpermainan (games) agar dapat membantu meningkatkan interaksi sosialsiwa. 2. Kepada guru BK,diharapkan agar secaraberkesinambunganmemberikanbimbingankonselingkepadasiswadenganmenerapkanteknikpermainan (games)untukmeningkatkan interaksi sosialsiswa.3.Kepada siswa,diharapkan dapat memanfaatkan teknik permainan (games)dalam layanan bimbingan kelompokyang diberikan sehingga dapat meningkatkan interaksi sosialnya4. Bagi Peneliti,diharapkanselalumenggunakanteknikpermainan (games)dalammelakukanbimbingankelompok agar dapatmembantusiswauntukmeningkatkaninteraksi sosial

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Bimbingan dan Konseling
Depositing User: S.Ptk Hendra Silvester
Date Deposited: 07 Oct 2020 02:03
Last Modified: 07 Oct 2020 02:03
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/3372

Actions (login required)

View Item View Item