BENGU, Yuliana (2020) Hubungan Antara Kepercayaan Diri Dan Motivasi Berprestasi Siswa (Studi Deskriptif Kuantitatif pada Siswa Kelas VIII B SMP Angkasa Kupang Tahun Pelajaran 2019/2020). Diploma thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.
Text
Abstrak.pdf Download (349kB) |
|
Text
Bab I.pdf Download (296kB) |
|
Text
Bab II.pdf Download (340kB) |
|
Text
Bab III.pdf Download (835kB) |
|
Text
Bab IV.pdf Download (533kB) |
|
Text
Bab V.pdf Download (254kB) |
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada hubungan antara kepercayaan diri dan motivasi berprestasi siswa kelas VIIIB SMP Angkasa Kupang tahun pelajaran 2019/2020. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara kepercayaan diri dan motivasi berprestasi siswa kelas VIIIB SMP Angkasa Kupang tahun pelajaran 2019/2020. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Variabel bebas (X) dalam penelitian ini adalah kepercayaan diri dan variabel terikat (Y) adalah motivasi berprestasi. Populasi dan sampel dalam penelitian ini seluruh siswa kelas VIIIB SMP Angkasa Kupang tahun pelajaran2019/2020 yang berjumlah 28 orang. Alat pengumpul data yang digunakan adalah angket. Teknik analisis data menggunakan rumus analisis korelasi product moment dengan taraf signifikansi 1% pada db= N-2. Hasil analisis data menunjukan r hitung lebih besar dari r tabel atau r hitung > r tabel yaitu 0,834> 0,496 pada taraf signifikansi 1 % dengan db=N−2= 26. Hal ini berarti hipotesis nol (Ho) yang menyatakan tidak ada hubungan antara kepercayaan diri dan motivasi berprestasi pada siswa kelas VIIIB SMP Angkasa Kupang tahun pelajaran 2019/2020 ditolak. Sedangkan hipotesis alternatif (Ha) yang menyatakan ada hubungan antara kepercayaan diri dan motivasi berprestasi pada siswa kelas VIIIB SMP Angkasa Kupang tahun pelajaran 2019/2020 diterima. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa ada hubungan antara kepercayaan diri dan motivasi berprestasi siswa di sekolah. Berdasarkan hasil penelitian ini, penulis memberikan saran kepada: 1) Kepala sekolah selaku penanggungjawab utama di sekolah hendaknya meningkatkan kerjasama dengan guru mata pelajaran dan guru BK dalam membantu siswa yang memiliki kepercayaan diri dan motivasi berprestasi yang rendah. 2) Guru BK diharapkan agar dapat merencanakan dan menjalankan layanan bimbingan dan konseling yang tepat kepada siswa untuk membantu meningkatkan kepercayaan diri dan motivasi berprestasi. 3) Siswa diharapkan dapat memanfaatkan layanan bimbingan dan konseling yang diberikan oleh guru BK sehingga mampu meningkatkan kepercayaan diri dan motivasi berprestasi
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | S.Kom Sela Mikado |
Date Deposited: | 21 Oct 2020 05:46 |
Last Modified: | 21 Oct 2020 05:46 |
URI: | http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/3535 |
Actions (login required)
View Item |