Pengaruh Penggunaan Media Sosial Terhadap Prestasibelajar Matematika Siswa SMPK Sta. Familia Kupang

RUING, TEGIS M. OLLA (2018) Pengaruh Penggunaan Media Sosial Terhadap Prestasibelajar Matematika Siswa SMPK Sta. Familia Kupang. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
abstrak.pdf

Download (268kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (71kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (38kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (359kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (106kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (25kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh penggunaanmedia sosialterhadap prestasi belajarmatematika siswa SMP. Populasi dalampenelitian ini yaitu siswa kelas VIII SMPK Sta Familia Kupang. Populasi bersifathomogen dan kemampuan akademik semua siswa menurut para guru bersifathomogen sehinggaSampel dalam penelitian ini adalahsiswa kelas VIIISMPKSta.Familia Kupang yang berjumlah 24 dari 65siswa yang diambil secara random.Data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data nilai tesprestasi danangket Penggunaan media sosialdari seluruh siswa kelas VIII. Data yang diperolehakan dianalisis menggunakan program SPSS versi 22.0. Sebelum pengujian hipotesis, dilakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas untuk data nilai tes prestasi dan data angket Penggunaan media sosial. Dari hasil analisis untuk data nilai tes prestasi diperoleh nilai..(2−)=0,096>0,05dan=0,164<=0,269maka H0diterima dan disimpulkan bahwa data berdistribusi normal. Sedangkan data angket Penggunaan media sosialdiperoleh diperoleh nilai..(2−) = 0,200 > 0,05 dan = 0,124 < = 0,269 maka H0 diterima, dan disimpulkan bahwa data berdistribusi normal. Pengujian hipotesis menggunakan program SPSS versi 22.0, setelah data dianalisis diperoleh nilai.(2−) = 0,002 < 0,05 dan = 3,426 > 1,71387 = maka tolak H, sehingga disimpulkan bahwa ada pengaruh yang ignifikan Penggunaan media sosial terhadap prestasi belajar matematika siswa SMP. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penggunaan media sosial berpengaruh terhadap prestasi belajar matematika. Oleh karena itu, penulismenyarankan bagi guru sebaiknya melakukan kontrol penggunaan media sosial pada siswa sehingga tidak berdampak pada prestasi belajar matematika siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: SH Yakobus Naben
Date Deposited: 30 Sep 2021 00:34
Last Modified: 30 Sep 2021 00:34
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/4242

Actions (login required)

View Item View Item