Seran, Maria Edelquin (2020) Upaya Memperkenalkan Kemampuan Membaca Solmisasi Dengan Metode Solfeggio Pada Siswa/Siswi Kelas VIII B Minat Musik, SMPK St. Yoseph Noelbaki,Desa Noelbaki, Kecamatan Kupang Tengah, Kabupaten Kupang. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.
Text
cover-abstrak.pdf Download (252kB) |
|
Text
BAB I skripsi.pdf Download (118kB) |
|
Text
BAB II skripsi.pdf Restricted to Repository staff only Download (441kB) |
|
Text
BAB III skripsi.pdf Restricted to Repository staff only Download (373kB) |
|
Text
BAB IV skripsi NEW_compressed.pdf Restricted to Repository staff only Download (625kB) |
|
Text
BAB V skripsi.pdf Download (106kB) |
Abstract
Solmisasi adalah sistem menempatkan sebuah suku kata berbeda pada setiap notasi angka kemudian membaca notasi sambil menyanyikannya. Solmisasi dalam teknik bernyanyi diterapkan agar siswa/siswi memiliki penguasaan nada sebagai syarat mutlak agar mampu membawakan sebuah nyanyian atau lagu dengan baik. Bahan ajar yang dapat diberikan untuk melatih kepekaan pendengaran serta membaca dan menulis nada adalah solfeggio.Dalam proses pembelajarannya, materi yang disampaikan adalah tentang keterampilan membaca notasi, menirukan bunyi dan menyanyi notasi musik sederhana. Perumusan masalah yang diajukan dalam skripsi penelitian ini yaitu bagaimana upaya memperkenalkan kemampuan membaca solmisasi dengan metode solfeggio pada siswa/siswi Kelas VIII B minat musik, SMPK St. Yoseph Noelbaki. Tujuan yang ingin dicapai oleh penulis adalah untuk mengetahui upaya yang dilakukan dalam memperkenalkan kemampuan membaca solmisasi dengan metode solfeggio pada siswa/siswi kelas VIIIB minat musik SMP Katolik St. Yoseph Noelbaki, Desa Noelbaki, Kecamatan Kupang Tengah, Kabupaten Kupang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Metode yang digunakan adalah tindakan lapangan. Dalam pengumpulan data penulis menggunakan teknik yaitu studi pustaka dan studi lapangan yang terdiri dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kualitatif.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: upaya memperkenalkan kemampuan membaca solmisasi bagi siswa/siswi kelas VIII B minat musik, SMPK St. Yoseph Noelbaki dilakukan melalui beberapa tahap yaitu tahap awal mengumpulkan siswa-siswi kelas VIII B minat musik, SMPK St. Yoseph Noelbaki dan menyampaikan maksud serta tujuan peneliti turun ke sekolah selanjutnya menjelaskan tentang pengertian solmisasi dan beberapa tahap dalam latihan membaca notasi dengan metode solfeggio, tahap inti proses latihan untuk memperkenalkan kemampuan membaca solmisasi melalui metode solfeggio yang difokuskan pada kegiatan mendengar, membaca dan beryanyi. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa upaya memperkenalkan kemampuan membaca solmisasi melalui metode solfeggio membawa perubahan pada cara bernyanyi siswa/siswi kelas VIII B minat musik SMPK St. Yoseph Noelbaki.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Siswa/siswi Kelas VIII B Minat Musik, SMP Katolik St. Yoseph Noelbaki, Membaca, Notasi, Solmisasi, Penelitian, Metodes Solfeggio |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools M Music and Books on Music > M Music M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Musik |
Depositing User: | S.Ptk Dami Damianus |
Date Deposited: | 30 Sep 2021 04:03 |
Last Modified: | 30 Sep 2021 04:03 |
URI: | http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/4258 |
Actions (login required)
View Item |