PARERA, Maria E.P (2018) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions Materi Pokok Pengukuran Pada Peserta Didik Kelas X IPA 1 Semester Ganjil SMA Negeri 1 Amarasi Barat Tahun Ajaran 2017/2018. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.
Text
Abstrak.pdf Download (783kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (72kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (673kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (514kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (81kB) |
Abstract
Model pembelajaran kooperatif tipe STAD merupakan jenis pembelajaran kooperatif yang menuntut peserta didik agar mampu bekerja secara berkelompok kemudian mempresentasikan hasil di depan kelas. Masalah utama dalam penelitian ini adalah bagaimana hasil penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD materi pokok Pengukuran pada peserta didik kelas X IPA1 SMA Negeri 1 Amarasi Barat tahun ajaran2017/2018? Secara terperinci permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD materi pokok Pengukuran pada peserta didik kelas X IPA1SMA Negeri 1 Amarasi Barat tahun pelajaran 2017/2018? (2)Bagaimana keterampilan kooperatif peserta didik dalam pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD materi pokok Pengukuran pada peserta didik kelas X IPA1 SMA Negeri 1 Amarasi Barat tahun pelajaran 2017/2018? (3) Bagaimana ketuntasan indikator pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD materi pokok Pengukuran pada peserta didik kelas X IPA1 SMA Negeri 1 Amarasi Barat tahun pelajaran 2017/2018? (4) Bagaimana ketuntasan hasil belajar peserta didik dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD materi pokok Pengukuran padapeserta didik kelas X IPA1SMA Negeri 1 Amarasi Barat tahun pelajaran 2017/2018? (5) Bagaimana respon peserta didik terhadap pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD materi pokok Pengukuran pada peserta didik kelas X IPA1 SMA Negeri 1 Amarasi Barat tahun pelajaran 2017/2018?Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD materi pokok Pengukuran peserta didik kelas X IPA1 SMA Negeri 1 Amarasi Barat tahun pelajaran 2017/2018. Secara terperinci tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsiskan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD materi pokok Pengukuran peserta didik kelas X IPA1 SMA Negeri 1 Amarasi Barat tahun pelajaran 2017/2018 (2)Mendeskripsikan keterampilan kooperatif peserta didik dalam pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD materi pokok Pengukuran peserta didik kelas X IPA1SMA Negeri 1Amarasi Barat tahun pelajaran 2017/2018 (3) Mendeskripsikan ketuntasan indikator pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD materi pokok Pengukuran peserta didik kelas X IPA1 SMA Negeri 1 Amarasi Barat tahun pelajaran 2017/2018 (4) Mendeskripsikan ketuntasan hasil belajarpeserta didik dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipeSTAD(5) Mendeskripsikan respon peserta didik terhadap pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD.Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah pendidik(peneliti) dan peserta didik Kelas X IPA1 SMA Negeri 1 Amarasi Barat tahun ajaran 2017/2018 yangberjumlah 30 orang. Teknik yang digunakan dalam memilih subyek penelitian peserta didik KelasX IPA1 SMA Negeri 1 Amarasi Barat adalah teknik purposive sampling,dan desain penelitian yang digunakan yaitu one-group pretes-postesdesign.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan angket.Sedangkan instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Lembar Pengamatan Pengelolaan Pembelajaran, Tes Hasil Belajar, Lembar Pengamatan Keterampilan Kooperatif Peserta Didik, dan Lembar Isian Respon Peserta Didik. Teknik analisis hasil penelitian yang digunakan adalah analisis deskriptif meliputi perhitungan skor rata-rata, proporsi dan persentase. Berdasarkan hasil analisis deskriptif data penelitian menunjukkan bahwa secara umum penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD adalah optimal untuk materi pokok Pengukuran pada peserta didik kelasX IPA1SMA Negeri 1 Amarasi Barat yang berjumlah 30 orang. Secara rinci (1) kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran fisika materi pokok Pengukuran pada peserta didik kelas X IPA1 SMA Negeri 1 Amarasi Barat melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipeSTADyangmeliputi: perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi dalam kategori baik. (2) Keterampilan kooperatif peserta didik rata-rata berada pada rentang evektifitas yang ditetapkan. (3)Indikator(IHB) yang disiapkan sebanyak 8 indikator kognitif, 8indikator afektif dan 5 indikator psikomotor semuanya tuntas (4) Hasil belajar kogniti peserta didik kelas X IPA1 SMA Negeri 1 Amarasi Barat pada materi pokok Pengukuran secara keseluruhan tuntas dan terjadipeningkatan proposi sebesar 0,43dari rata-rata proporsi tes awal sebesar 0,47 menjadi 0,88; hasil belajarafektif tuntas dengan rata-rata proporsi sebesar 0,87 dan hasil belajar psikomotor juga tuntas dengan rata-rataproporsi sebesar 0,84(5) Respon peserta didik teradap pembelajaran kooperatif tipe STAD untuk kelima aspek sangat baik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran, Kooperatif, Deskriptif, Pengukuran. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Fisika |
Depositing User: | SH Yakobus Naben |
Date Deposited: | 01 Oct 2021 02:47 |
Last Modified: | 01 Oct 2021 02:47 |
URI: | http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/4279 |
Actions (login required)
View Item |