Komunikasi Nonverbal Kinesik Antara Guru Dan Murid Tuna Wicara Dalam Proses Belajar Mengajar (Studi Kasus Pada Siswa-Siswi kelas VIII SMP Sekolah Luar Biasa Asuhan Kasih Kota Baru Kupang)

UNSPECIFIED (2018) Komunikasi Nonverbal Kinesik Antara Guru Dan Murid Tuna Wicara Dalam Proses Belajar Mengajar (Studi Kasus Pada Siswa-Siswi kelas VIII SMP Sekolah Luar Biasa Asuhan Kasih Kota Baru Kupang). Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
FILE ABSTRAK.pdf

Download (469kB)
[img] Text
FILE BAB I.pdf

Download (85kB)
[img] Text
FILE BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (166kB)
[img] Text
FILE BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (104kB)
[img] Text
FILE BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (167kB)
[img] Text
FILE BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (141kB)
[img] Text
FILE BAB VI.pdf

Download (122kB)

Abstract

Komunikasi adalah salah satu kegiatan sehari-hari yang benar-benar berhubungan dengan semua kehidupan kemanusiaan. Komunikasi mempunyai dua bentuk, yakni komunikasi verbal dan komunikasi nonverbal, salah satu fungsi komunikasi untuk mendidik anakpenyandang tuna wicara. Inilah titik awal peneliti tertarik untuk meninjau bagaimana komunikasi nonverbal kinesik antara guru dan murid tuna wicara dalam proses belajar mengajar(studi kasus pada sisiwa-siswi kelas VIII SMPSLB Asuhan KasihKota BaruKupang). Penelitian ini dilandasi beberapa konsep yaituterkait pengertian komunikasi,karakteristik dan fungsi komunikasi nonverbal, jenis-jenis kinesik, pengertian tuna wicara, pengertian proses belajar mengajar. Peneliti juga menggunakan teori kinesik yang dikemukakan Birdwhistell. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan metode studi kasus. Peneliti memilih wawancara dan observasi sebagaiteknik pengumpulan data, dengan informan berjumlah 5 orang terdiri dari 3 murid dan 2 Guru. Konstruk dalam penelitian ini ada 5 jenis kinesik, yakni emblem, illustrator,adaptor, regulator, dan affect display.Terdapathal-hal unik dari setiap aspek kode kinesik. Emblem,para murid dan guru menggunakanterjemahan pesan verbal yang memiliki makna bersifatuniversal. Illustrator, konsepyang dijelaskan yakni pernyataan verbal tentang kondisi seseorang secara detail, yang merupakan realita dalam kehidupan sehari-hari. Adaptor, dalam hal ini Alter Adaptoryakni membagi ketegangan seperti saat guru memberikan contoh orangyang sedang marah. Regulator,guru menjelaskan pelajaran dengan mengkombinasikan gerakan tubuh dan pandangan mata agar tetap terjaganya interaksi. Affect Display, para murid cenderung menggunakan kode kinesik ini, karena menggunakan raut wajah dan gerakantangan untuk mengekspresikan perasaan mereka.Berdasarkan hasil penelitian yang telah dianalisis, peneliti menarik kesimpulan bahwa Emblemadalah terjemahan pesan yang melukiskan suatu makna dengan menggunakan gerakan jari dan kepala. Ilustratormerupakanpenggambaran pernyataan verbal terkait kondisi seseorang dan kejadian/peristiwa. Sedangkan Adaptorkombinasiterjemahan pesan menggunakan tangan dan tubuh untuk membagi ketegangan. Regulatorjuga merupakankombinasi pandangan mata dan posisi tubuh saat memberikan informasi. Terakhir Affect display yakni kombinasi gerakan tangan dan raut wajah untuk mengekspresikan perasaan.Demi berlangsungnya proses belajar mengajar yang tepat,maka perlu ditingkatkan kecakapan guru agarlebih komunikatifdalam melakukan pendekatan psikologis kepada siswa-siswi tuna wicarasehinggatercipta suasana belajar yang menyenangkan. Dari pihak sekolah, perlu adanya pengadaan sarana dan prasarana dalam proses pembelajaran. Kepada orangtua siswa-siswi kelas VIII SMP SLB Asuhan Kasih Kota Baru Kupang dengan membiasakan menggunakan komunikasi nonverbal kinesik sehingga para siswa-siswi terbiasa menggunakan komunikasi nonverbal kinesik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: J Political Science > JC Political theory
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: SH Yakobus Naben
Date Deposited: 25 Oct 2021 00:29
Last Modified: 25 Oct 2021 00:29
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/4400

Actions (login required)

View Item View Item