KEHIK, Jacob Mouresto Klau (2020) Studi Penentuan Waktu Tempuh Perjalanan Kendaraan Sebagai Fungsi Derajat Kejenuhan Pada Ruas Jalan Jenderal Soeharto, Kupang – NTT. Undergraduate thesis, Unika Widya Mandira.
Text
ABSTRAK.pdf Download (834kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (224kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (833kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (945kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (982kB) |
|
Text
BAB V (Kesimpulan, Saran, Daftar Pustaka).pdf Download (258kB) |
Abstract
Waktu tempuh perjalanan sering menjadi persoalan yang dihadapi sebagian penguna jalan raya dan menjadi masalah lalu lintas yang perlu untuk dikaji. Hal ini berkenaan dengan kepentingan dari setiap individu pengguna jalan raya dalam rutinitasnya sehari-hari. Aktivitas dari pengguna jalan raya dapat terganggu oleh karena hambatan dalam waktu tempuh perjalanan. Hambatan ini biasanya terjadi karena disebabkan oleh faktor-faktor tertentu seperti tundaan, antrian, kemacetan, dan lain sebagainya. Faktor-faktor hambatan ini disebabkan oleh aktivitas-aktivitas tertentu dari penguna jalan raya disepanjang ruas jalan tersebut. Berkaitan dengan faktor-faktor hambatan dalam waktu tempuh perjalanan dapat dihubungkan dengan rasio volume terhadap kapasitas sebagai fungsi untuk menentukan tingkat pelayanan ruas jalan (Derajat Kejenuhan). Terlepas dari itu, ruas jalan Jenderal Soeharto, Kupang-NTT merupakan kawasan komersil di Kota Kupang, dimana pada kawasan ini terdapat pusat perbelanjaan seperti pasar, ruko, restauran, hotel, perkantoran dan kawasan pendidikan (sekolah). Segmen jalan ini terbentang sepanjang 1,675 Km, dimulai dari pertigaan Oepura (Terminal Oepura) yang menjadi titik awal dan berakhir pada persimpangan bersinyal Polda Nusa Tenggara Timur (NTT) dan menjadi titik akhir pada ruas jalan ini. Ruas jalan ini merupakan ruas jalan kolektor yang menghubungkan ke berbagai titik pusat aktivitas publik yang berada di Kota Kupang. Ruas jalan ini sering menimbulkan masalah lalu lintas sehingga berdampak buruk terhadap pengguna jalan tersebut khususnya dalam waktu tempuh perjalanan dalam melewati ruas jalan tersebut. Tujuan dari penelitian ini untuk Mengetahui berapa besar nilai derajat kejenuhan (DS) pada ruas jalan Jenderal. Soeharto - Kupang saat ini pada waktu sibuk (peak/off peak) dan tidak sibuk (peak/off peak), Mengetahui berapa waktu tempuh (TT) perjalanan kendaraan pada ruas jalan Jenderal Soeharto - Kupang sebagai fungsi derajat kejenuhan (DS), Menganalisis dan mengetahui bagaimana pengaruh derajat kejenuhan (DS) dan waktu tempuh (TT) kendaraan pada ruas jalan Jenderal Soeharto-Kupang jika waktu tempuh (TT) sebagai fungsi derajat kejenuhan (DS). Nilai rata-rata derajat kejenuhan (DS) maksimum/puncak (peak) berada pada pukul 07.00 - 08.00 Wita dan terjadi pada jam sibuk dengan nilai 0.67 masuk dalam kategori tingkat pelayanan C dengan batas lingkup 0.45 – 0.74, dan memiliki kerakteristik (Arus stabil; kecepatan dikontrol oleh lalu lintas; volume palayanan yang dipakai untuk mendisain jalan kota). Dan Nilai derajat kejenuhan (DS) minimum/terendah (off peak) berada pada pukul 20.00 - 21.00 Wita dan terjadi pada jam tidak sibuk dengan nilai 0.48 masuk dalam kategori tingkat pelayanan C dengan batas lingkup 0.45 – 0.74, dan memiliki kerakteristik (Arus stabil; kecepatan dikontrol oleh lalu lintas; volume palayanan yang dipakai untuk mendisain jalan kota). Nilai waktu tempuh (TT) maksimum berada pada pukul 07.00 - 08.00 Wita dengan nilai 3.274 Menit (0.055 jam) dengan V 30.7 Km/Jam dan nilai Waktu Tempuh (TT) minimum berada pada pukul 20.00 - 21.00 Wita dengan nilai 2.973 Menit (0.050 jam) dengan V 33.8 Km/Jam . Maka dari persamaan regresi linier Y=0.6556x-1.4707 dapat diartikan dalam pemahannya dimana memasukan nilai X (waktu tempuh) maka akan diketahui nilai Y (derajat kejenuhan) yang artinya kedua variabel ini saling berhubungan berdasarkan hasil perhitungan koefisien korelasi (r) dengan melihat nilai koefisien korelasi yang dihasilkan dan ditinjau berdasarkan tabel koefisien korelasi maka dapat di simpulkan bahwa pada ruas Jl. Jenderal Soeharto Kota Kupang, hubungan antara variabel X (waktu tempuh) dan Variabel Y (derajat kejenuhan) masuk dalam kategori memiliki hubungan Sangat Kuat. Dan dari nilai koefisien determinasi (r2) dapat di artikan bahwa pada ruas Jl. Jenderal Soeharto Kota Kupang, variabel Y (derajat kejenuhan) mempengaruhi variabel X (waktu tempuh) sebesar 0.9104 atau 91.04 % dan 0.0896 atau 8.96 % (sisanya) dipengaruhi oleh faktor lain.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Derajat Kejenuhan, Tingkat pelayanan, keceptan, Waktu Tempuh, Regerisi Linier. |
Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements T Technology > TH Building construction |
Divisions: | Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil |
Depositing User: | ST.,MM Inggrit Junita Palang Ama |
Date Deposited: | 26 Oct 2021 03:41 |
Last Modified: | 26 Oct 2021 03:41 |
URI: | http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/4515 |
Actions (login required)
View Item |