Profil Proses Berpikir Siswa SMP Dalam Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau Dari Gaya Kognitif Field Dependent Dan Field Independent

MALI, Selviana Wilmince (2020) Profil Proses Berpikir Siswa SMP Dalam Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau Dari Gaya Kognitif Field Dependent Dan Field Independent. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (371kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (169kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (395kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (168kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (359kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (97kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses berpikir siswa SMP dengan gaya kognitif Field dependent (FD) dan Field Independent (FI) dalam pemecahan masalah matematika pada materi pythagoras. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif dan menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian sebanyak 2 siswa kelas VIII E SMPK St. Yoseph yang dikelompokkan berdasarkan gaya kognitif menggunakan instrumen Group Embedded Figures Test (GEFT), dengan rincian 1 siswa field dependent dan 1 siswa field independent. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes,wawancara dan dokumentasi. Data penelitian yang kredibel diperoleh dengan metode triangulasi waktu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa subjek bergaya kognitif field dependent dapat memahami apa yang diketahui dan ditanya dalam soal, namun pada langkah perencanaan subjek tidak sepenuhnya mampu menjelaskan langkah penyelesaian, pada tahap pelaksanaan penyelesaian subjek masih kurang memahami ketentuan yang ada dan pada tahap memeriksa kembali subjek memeriksa kembali jawaban namun tidak mampu menjelaskan kesalahan pada langkah penyelesaian. Berdasarkan pembahasan di atas dapat disimpulkan bahwa subjek field dependent cenderung proses berpikir semi konseptual. Sedangkan dalam proses pemecahan masalah subjek bergaya kognitif field independent dapat memahami apa yang diketahui dan apa yang ditanya dalam soal, pada tahap merencanakan penyelesaian subjek menuliskan informasi tidak lengkap. Namun subjek mampu menyelesaikan permasalahan meskipun tidak menuliskan semua informasi. Dan pada tahap memeriksa kembali subjek yang bergaya kognitif field independent tidak mengoreksi kembali informasi yang diperoleh. Berdasarkan pembahasan di atas dapat disimpulkan bahwa subjek yang bergaya kognitif field independent cenderung proses berpikir konseptual.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Proses Berpikir, Pemecahan Masalah Matematika, Gaya Kognitif Field Dependent, Gaya Kognitif Field Independent
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Antonia M. Ngole
Date Deposited: 30 Nov 2021 03:40
Last Modified: 30 Nov 2021 03:40
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/4653

Actions (login required)

View Item View Item