Penerapan Teknik Self- Talk Melalui Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Disiplin Belajar Siswa (Studi Deskriptif Kuantitatif pada Siswa Kelas XI IPA1 SMAK Sint Carolus Penfui Tahun Pelajaran 2019/2020)

MAUSE, Ines De Araujo (2020) Penerapan Teknik Self- Talk Melalui Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Disiplin Belajar Siswa (Studi Deskriptif Kuantitatif pada Siswa Kelas XI IPA1 SMAK Sint Carolus Penfui Tahun Pelajaran 2019/2020). Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (710kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (137kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (391kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (568kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (315kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (301kB)

Abstract

Masalah penelitian ini adalah apakah penerapan teknik self talk melalui bimbingan kelompok dapat Meningkatkan Disiplin Belajar Siswa Kelas XI IPA1 SMAK Sint Carolus Kupang Tahun Pelajaran 2019/2020?. Tujuan penelitian adalah: untuk mengetahui penerapan teknik self talk melalui bimbingan kelompok dapat meningkatkan disiplin belajar siswa kelas XI IPA1 SMAK Sint Carolus Kupang tahun pelajaran 2019/2020. Jenis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif dengan tipe penelitian pra – eksperimen one group pretest-posttest design. Instrument penelitian yang digunakan dalam penelitian ini dibedakan atas dua yaitu instrument pengumpulan data berupa angket disiplin belajar dan instrumen perlakuan yakni pedoman pelaksanaan teknik self talk melalui bimbingan kelompok. Teknik analisis data menggunakan rumus uji t.. Hasil analisis data menunjukkan nilai t hitung sebesar 13,097 dikonsultasikan dengan t tabel pada taraf signifikansi 1% dengan dk=N-2 adalah 4,032. Dengan demikian nilai t hitung > t tabel. Hal ini menunjukkan bahwa “penerapan teknik self talk melalui bimbingan kelompok dapat meningkatkan disiplin belajar siswa kelas XI IPA1 SMAK Sint Carolus Kupang tahun pelajaran 2019/2020”. Hal tersebut berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil penelitian ini, maka peneliti memberikan saran kepada: 1). Kepala sekolah diharapkan untuk meningkatkan kerjasama dengan semua pihak baik guru BK, guru mata pelajaran dan wali kelas untuk melancarkan kegiatan layanan bimbingan kelompok dengan teknik self-talk agar dapat membantu siswa meningkatkan disiplin belajarnya.2). Guru BK diharapkan agar secara berkesinambungan memberikan bimbingan kepada siswa dengan menerapkan teknik self-talk untuk meningkatkan disiplin belajar siswa.3). Guru mata pelajaran diharapkan agar selalu menginformasikan kepada guru BK, siswa yang disiplin belajarnya rendah untuk dibantu melalui bimbingan kelompok dengan teknik self-talk untuk meningkatkan disiplin belajar siswa.4). Siswa diharapakan agar terlibat aktif dalam memanfaatkan layanan bimbingan kelompok dengan teknik self-talk yang dilaksanakan oleh guru BK untuk meningkatkan disiplin belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QP Physiology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Bimbingan dan Konseling
Depositing User: SH Yakobus Naben
Date Deposited: 02 Dec 2021 01:10
Last Modified: 02 Dec 2021 01:10
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/4681

Actions (login required)

View Item View Item