LIWU, Theresia Nirong (2020) Penerapan Teknik Role Playing Melalui Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Interaksi Sosial Individu. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.
Text
COVER SKRIPSI, LEMBAR PENGESAHAN, MOTTO DAN PERSEMBAHAN, KATA PENGANTAR, ABSTRAK, DAFTAR ISI, DAF.pdf Download (446kB) |
|
Text
BAB I.pdf Restricted to Repository staff only Download (204kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (315kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (244kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Download (212kB) |
Abstract
Masalah yang dikaji dalam skripsi adalah 1) mengapa teknik role playing dapat berkontribusi dalam meningkatkan interaksi sosial individu, 2) bagaimana proses penerapan teknik role playing melalui bimbingan kelompok untuk meningkatkan interaksi sosial individu dan 3) apakah teknik role playing melalui bimbingan kelompok efektif meningkatkan interaksi sosial individu. Tujuan penulisan skripsi adalah 1) mengetahui alasan digunakan teknik role playing dalam meningkatkan interaksi sosial individu, 2) mengetahui proses penerapan teknik role playing melalui bimbingan kelompok untuk meningkatkan interaksi sosial individu, 3) mengetahui efektivitas teknik role playing melalui bimbingan kelompok untuk meningkatkan interaksi sosial individu. Penulisan skripsi ini menggunakan metode kajian studi kepustakaan yakni menelaah buku-buku dan mengelolah artikel hasil penelitian terdahulu yang berkaitan dengan topik yang dikaji. Objek kajian dalam skripsi ini adalah teknik role playing dan interaksi sosial. Sumber data yang digunakan adalah sumber data sekunder dan Jenis data yang digunakan adalah data kualitatif. Hasil kajian dalam skripsi ini menunjukkan bahwa teknik role playing perlu diberikan untuk meningkatkan interaksi sosial yang rendah karena teknik role playing bertujuan untuk mengembangkan kemampuan berinteraksi, menjadikan individu aktif berbicara dan percaya diri serta berekspresi secara utuh tanpa takut salah. Proses penerapan teknik role playing melalui bimbingan kelompok dalam meningkatkan interaksi sosial individu dilaksanakan melalui empat tahap, yaitu tahap pembentukan, tahap peralihan, tahap kegiatan yang dilaksanakan teknik role playing melalui tujuh tahap, yaitu warm-up (pemanasan), scane setting (pengaturan adegan), selecting roles (memilih peran), enactment (pemeranan), sharing and feedback (umpan balik), reenancement (pengulangan), follow up (tindak lanjut), dan tahap penutup. Hasil kajian dan analisis dalam skripsi ini membuktikan bahwa teknik role playing efektif untuk meningkatkan interaksi sosial individu, hal ini didukung oleh artikel hasil penelitian terdahulu yang membuktikan bahwa setelah diterapkan teknik role playing, interaksi sosial individu mengalami peningkatan. Penulis menyarankan pemerhati BK lebih melihat bahwa teknik role playing melalui bimbingan kelompok dapat digunakan untuk meningkatkan interaksi sosial individu.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Antonia M. Ngole |
Date Deposited: | 25 Apr 2022 03:05 |
Last Modified: | 25 Apr 2022 03:05 |
URI: | http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/5033 |
Actions (login required)
View Item |