TANEO, Werens T. (2021) Analisis Kesesuaian Silabus Guru Biologi Kelas X Di SMA PGRI Mnelalete, Kecamatan Amanuban Barat, Timor Tengah Selatan, Berdasarkan Permendikbud No. 22 Tahun 2016. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.
Text
ABSTRAK.pdf Download (115kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (100kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (102kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (68kB) |
|
Text
Bab IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (93kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (129kB) |
Abstract
Silabus adalah rencana pembelajaran pada suatu kelompok mata perlajaran tertentu yang mencakup kompetensi dasar, kompetensi dasar,materi pokok/pembelajaran, indikator, penilaian, alokasi waktu, dan sumber /bahan/alat belajar. Dalam pengembangan silabus perlu dipertimbangkan beberapa komponen berdasarkan Permendikbud No. 22 Tahun 2016, yang meliputi: identitas silabus, standar kompetensi, kompetensi dasar, materi pokok/pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator, penilaian, alokasi waktu, dan sumber belajar. Dengan demikian, sebagai seorang guru perlu menyusun silabus dengan memperhatikan komponen yang diatur dalam permendikbud No. 22. Tahun 2016 Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kesesuaian silabus guru Biologi kela X SMA PGRI Mnelalete, Kecamatan Amanuban Barat, Timor Tengah Selatan, dengan Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yaitu menggambarkan atau mendeskripsikan tentang kesesuaian silabus yang digunakan oleh guru Biologi Kelas X, SMA PGRI Mnelalete dengan permendikbud no. 22 tahun 2016. Data yang dikumpul dianalisis dengan melihat kesesuaian antara silabus yang dibuat oleh guru disesuaikan dengan silabus berdasarkan permendikbud No. 22 Tahun 2016 oleh dua orang validator dan data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kriteria kompetensi inti dan alokasi waktu memperoleh skor rata-rata 5 (100%). Kriteria sumber belajar memperoleh skor 4,5 (90%); kriteria ketepatan dari keejaan KD memperoleh skor 3,6 (72%); kriteria kegiatan pembelajaran 3,5 (70%); kriteria keakuratan materi belajar dan indicator masing-masing meperoleh skor 3 (60%); dan kriteria penilaian memperoleh skor 2,5 (50%). Rata-rata skor secara keseluruhan apabila dikonversi kedalam nilai persentase maka diperoleh persentase sebesar 75,25% yang termasuk dalam ketegori sesuai. Kesimpulan dari penelitian ini adalah silabus yang disusun oleh guru biologi kelas X di SMA PGRI Mnelalete sudah sesuai dengan permendikbud no. 22 Tahun 2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Silabus, Permendikbud No. 22 Tahun 2016 |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | ST.,MM Inggrit Junita Palang Ama |
Date Deposited: | 25 Apr 2022 04:23 |
Last Modified: | 25 Apr 2022 04:23 |
URI: | http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/5293 |
Actions (login required)
View Item |