HARDIMANS, Heribertus Christanto (2020) Perencanaan Ulang Perkerasan Lentur Ruas Jalan Oekabiti, Kelurahan Nunbeis, Kabupaten Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur (Sta 0+000 – 1+000). Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.
Text
ABSTRAK DAN LAIN-LAIN.pdf Download (669kB) |
|
Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (127kB) |
|
Text
BAB II LANDASAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (333kB) |
|
Text
BAB III METODOLOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (98kB) |
|
Text
BAB IV PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (388kB) |
|
Text
BAB V PENUTUP DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (200kB) |
Abstract
Kabupaten Kupang sebagai salah satu kabupaten di Provinsi NTT tentunya memiliki banyak kegiatan ekonomi, pendidikan maupun pariwisata,sehingga dengan sendirinya akan memberikan dampak pada peningkatan jumlah penduduk yang menetap secara permanen maupun yang bersifat sementara. Salah satu masalah yang perlu diselesaikan di Kabupaten Kupang adalah penataan ruas jalan salah satunya adalah ruas jalan yang berada pada Kecamatan Oekabiti. Berdasarkan pengamatan visual peneliti pada beberapa segmen ruas jalan Oekabiti ternyata memiliki kondisi jalan yang cukup memprihatinkan, disebabkan oleh adanya lapisan permukaan jalan yang sudah berlubang, serta tidak adanya drainase sehingga menyebabkan gerusan oleh air hujan pada bahu jalan yang menambah kerusakan. Berdasarkan realitas diatas, perlu dilakukan perencanaan desain perkerasan terhadap ruas jalan Oekabiti khususnya yang berhubungan dengan permasalahan perkerasan jalan. Agar dapat mengatasi resiko terjadinya kecelakaan bagi pengguna jalan, diperlukan perencanaan ulang yang baik sesuai engan peraturan perencanaan jalan Bina Marga. Dari hasil analisa yang didapat, pengujian 11 titik CBR lapangan memperoleh 11 nilai CBR lapangan. Selanjutnya dianalisa untuk mendapatkan nilai CBR Desain menggunakan 2 metode yaitu Distribusi Normal Standar dengan hasil nilai CBR Desain 4,985% dan Metode Presentil dengan hasil nilai CBR Desain 7%. Dari kedua metode tersebut dipilih nilai CBR terkecil didapat 4,985%. Selanjutnya nilai CBR desain dihubungkan dengan nilai LER hasil dari perhitungan LHR 27,0105, nilai DDT 4,70 dan nilai fr 0,5 menggunakan nomogram nomor 5 untuk mendapatkan nilai ITP yang akan digunakan pada perhitungan desain tebal pererasan. Nilai ITP yang didapat 5,00, selanjutnya dianalisa berdasarkan rumus ITP diperoleh desain perkerasan lapis permukaan menggunakan material Laston setebal 5 cm, Lapis Pondasi Bawah menggunakan material Batu Pecah Kelas A setebal 15 cm, dan Lapis Pondasi Bawah menggunakan material Sirtu Kelas B setebal 15 cm
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kerusakan Jalan, CBR, Tebal Perkerasan |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GB Physical geography H Social Sciences > HE Transportation and Communications T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements T Technology > TH Building construction |
Divisions: | Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil |
Depositing User: | SH Yakobus Naben |
Date Deposited: | 20 May 2022 02:03 |
Last Modified: | 20 May 2022 02:03 |
URI: | http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/5352 |
Actions (login required)
View Item |