“Analisis Perhitungan Harga Pokok Produksi Dalam Menentukan Harga Jual Produk Sarung Dan Selendang Pada Sentra Tenun Ikat Lepo Lorun Maumere-Flores-Ntt”

GORETI, Maria (2021) “Analisis Perhitungan Harga Pokok Produksi Dalam Menentukan Harga Jual Produk Sarung Dan Selendang Pada Sentra Tenun Ikat Lepo Lorun Maumere-Flores-Ntt”. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (726kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (444kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (464kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (211kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (523kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (332kB)

Abstract

Masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah berapa harga pokok produksi yang tepat untuk produk sarung dan selendang dengan menggunakan metode full costing dan variable costing agar dapat di tetapkan harga jual yang tepat. Tujuan yang ingin dicapai adalah untuk mengetahui berapa harga pokok produksi yang tepat untuk produk sarung dan selendang dengan menggunakan metode full costing dan variable costing agar dapat di tetapkan harga jual yang tepat. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan adalah setelah data harga pokok produksi dikumpulkan kemudian dihitung harga pokok produksi menggunakan metode full costing dan metode variable costing sebagai landasan untuk menghitung harga jual yang tepat menggunakan metode cost plus pricing. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh harga pokok produksi yang dihitung menggunakan metode full costing untuk 1 lembar sarung ukuran 500.000 sebesar Rp. 334.978, untuk sarung ukuran Rp. 800.000 sebesar Rp. 528.798 dan untuk sarung ukuran Rp. 1.000.000 sebesar Rp. 709.280 sedangkan untuk 1 lembar selendang ukuran Rp. 150.000 sebesar Rp. 104.476 dan untuk selendang ukuran Rp. 500.000 sebesar Rp. 353.312. Sedangkan yang dihitung menggunakan metode variable costing untuk 1 lembar sarung ukuran Rp. 500.000 sebesar Rp. 331.406, untuk sarung ukuran Rp. 800.000 sebesar Rp. 524.598 dan untuk selendang ukuran Rp. 1.000.000 sebesar Rp. 702.599 sedangkan untuk 1 lembar selendang ukuran Rp. 150.000 sebesar Rp. 100.781 dan untuk selendang ukuran Rp. 500.000 sebesar Rp. 316.562. Harga jual per lembar yang ditentukan oleh Sentra Tenun Ikat Lepo Lorun adalah untuk sarung ukuran kecil Rp. 500.000, untuk sarung ukuran sedang Rp. 800.000 dan untuk sarung ukuran besar Rp. 1.000.000 sedangkan untuk selendang ukuran kecil Rp. 150.000 dan untuk selendang ukuran sedang Rp. 500.000. sedangkan menurut perhitungan harga jual ditambah dengan laba yang diharapkan Rp. 40% diperoleh harga jual per lembar untuk sarung ukuran kecil Rp. 461.902, untuk sarung ukuran sedang Rp. 722.110 dan untuk sarung ukuran besar Rp. 986.745 sedangkan untuk selendang ukuran kecil Rp, 142.601 dan untuk selendang ukuran sedang Rp. 494.636. Berdasarkan hasil analisis data, maka penulis menyarankan agar pihak perusahaan perlu melakukan pencatatan dan mengklasifikasikan semua biaya yang dikeluarkan dalam proses produksi terutama biaya overhead pabrik agar dapat mengetahui peningkatan laba yang diperoleh setiap jenis ukuran sarung dan selendang dan sebaiknya Sentra Tenun Ikat Lepo Lorun menggunakan harga jual baru sehingga dapat memperoleh laba yang lebih besar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Harga Pokok Produksi, Metode Full Costing, Metode Variable Costing, Harga Jual Metode Cost Plus Pricing.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD61 Risk Management
H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomika dan Bisnis > Program Studi Manajemen
Depositing User: Antonia M. Ngole
Date Deposited: 04 Jul 2022 02:15
Last Modified: 04 Jul 2022 02:15
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/5862

Actions (login required)

View Item View Item