WULI, Gabriel (2018) Upaya Guru Bk Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Dan Implikasinya Bagi Bimbingan Belajar (Studi Deskriptif Kualitatif Pada Siswa Kelas VIII E SMP Negeri 4 Kupang Tahun Pelajaran 2017/2018). Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.
Text
ABSTRAK.pdf Download (413kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (169kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (269kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (183kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (377kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (102kB) |
Abstract
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: a) Apa saja Upaya guru BK dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VIIIE SMP Negeri 4 Kupang Tahun pelajaran 2017/2018. b) Bagaimana implikasi upaya guru BK dalam meningkatkan motivasi belajar bagi bimbingan belajar siswa kelas VIIIE SMP Negeri 4 Kupang Tahun Pelajaran 2017/2018. Tujuan penelitian adalah: a) untuk mengetahui Upaya guru BK dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada siswa kelas VIIIE SMP Negeri 4 Kupang Tahun Pelajaran 2017/2018. b) Untuk mengetahui implikasi bagi bimbingan belajar siswa Kelas VIIIE SMP Negeri 4 Kupang Tahun Pelajaran 2017/2018. Subjek dalam penelitian ini adalah 1 orang guru BK dan 17 orang siswa kelas VIIIE SMP Negeri 4 Kupang tahun pelajaran 2017/2018. Fokus penelitian ini adalah: a) Upaya guru BK dalam meningkatkan motivasi belajarsiswa. b) Implikasi bagi bimbingan belajar. Metode penelitian yang digunakan adalah studi deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data adalah wawancara dan studi dokumentasi. Alat pengumpulan data penelitian ini berupa pedoman wawancara dan lembar studi dokumentasi. Teknik analisis data adalah reduksi data, display data, dan verifikasi data. Teknik pengujian keabsahan data adalah triangulasi dan member chek. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa upaya yang dilakukan guru BK dalam meningkatkan motivasi belajar siswa yakni guru BK memberikan layanan Bimbingan dan Konseling dengan materi tentang motivasi belajar dan cara belajar yang baik strategi yang digunakan yaitu bimbingan klasikal, metode yang digunakan berupa ceramah, diskusi, dan penugasan, dan bidang bimbingan berupa bimbingan belajar. Berdasarkan hasil penelitian tersebut di atas, peneliti memberikan beberapa saran kepada a) Kepala sekolah, selaku pimpinan sekolah agar lebih mengkoordinir kegiatan guru BK dalam memberikan layanan bimbingan belajar kepada siswa. b) Wali kelas agar dapat membangun kerja sama dengan guru BK dalam upaya meningkatkan motivasi belajar siswa, c) Guru BK agar lebih aktif dalam melaksanakan layanan bimbingan dan konseling khususnya dalam upaya meningkatkan motivasi belajar siswa
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology L Education > LB Theory and practice of education L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | S.Fil Lake Primus Sani |
Date Deposited: | 04 Jul 2022 03:22 |
Last Modified: | 04 Jul 2022 03:22 |
URI: | http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/5878 |
Actions (login required)
View Item |