JENDO, Marselina Nastin (2017) Hubungan Antara Konsep Diri Dengan Kemandirian Belajar Siswa (Studi Deskriptif Kuantitatif Pada Siswa Kelas XI IPS 1 SMA Negeri 5Kupang Tahun Pelajaran 2016/2017). Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.
Text
KATA PENGANTAR NNN.pdf Download (678kB) |
|
Text
BAB I.docx.pdf Download (207kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (276kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (292kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (445kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (260kB) |
Abstract
Tujuan umum dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara konsep diri dengan kemandrian belajar siswa kelas XI IPS1 SMA Negeri 5 Kupang tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Variabel dalam penelitian ini adalah variabel bebas (X) konsep diri dan variabel terikat (Y) kemandirian belajar. populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas XI IPS1 SMA Negeri 5 Kupang. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS2 SMA Negeri 5 Kupang tahun pelajaran 2016/2017 yang berjumlah 30 orang. Teknik pengumpulan data penelitian adalah wawancara tertulis. Alat pengumpul data yang digunakan angket kemandirian belajar. teknik analisis data menggunakan rumus analisis korelasi product moment dengan taraf kepercayaan 1%. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa secara umum tidak ada hubungan antara konsep diri dengan kemandirian belajar siswa kelas XI IPS1 SMA Negeri 5 Kupang tahun pelajaran 2016/2017. Hal ini dibuktikan dengan hasil perhitungan korelasi product moment yaitu rhitung < rtabel (0.478<0.325) pada taraf kepercayaan 1% dengan db=N-2=28. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa tidak ada hubungan antara konsep diri dengan kemandirian belajar siswa kelas XI IPS1 SMA Negeri 5 Kupang tahun pelajaran 2016/2017. Berdasarkan hasil penelitian, peneliti memberikan saran kepada: a) Kepala sekolah dapat menjadikan penelitian ini sebagai pedoman untuk membuat program belajar mengajar. b) wali kelas diharapkan supaya dalam proses belajar mengajar di sekolah lebih memperhatikan faktor lain selain konsep diri. c) Guru BK diharapkan dalam melakukan kegiatan layanan BK harus sesuai dengan kebutuhan siswa agar dapat membantu siswa dalam mencapai apa yang mereka inginkan termasuk bisa mandiri dalam belajar. d) agar siswa, memanfaatkan lab BK yang disiapkan disekolah agar dapat memilih konsep diri yang positif sehingga lebih mandiri dalam belajar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | S.Fil Lake Primus Sani |
Date Deposited: | 19 May 2022 03:41 |
Last Modified: | 19 May 2022 03:41 |
URI: | http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/6207 |
Actions (login required)
View Item |