Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah, Budaya Sekolah, Pendidikan Dan Pelatihan Terhadap Kinerja Guru Dimediasi Motivasi Kerja (Studi Pada Kelompok Kerja Guru Pegawai Negeri Sipil Gugus 04 Kecamatan Alak Kota Kupang)

KOROH, Lisias Huku (2021) Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah, Budaya Sekolah, Pendidikan Dan Pelatihan Terhadap Kinerja Guru Dimediasi Motivasi Kerja (Studi Pada Kelompok Kerja Guru Pegawai Negeri Sipil Gugus 04 Kecamatan Alak Kota Kupang). Masters thesis, Unika Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK_compressed (2).pdf

Download (465kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (344kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (549kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (396kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (330kB)

Abstract

Salah satu faktor penyebab rendahnya kualitas pendidikan di Indonesia berada pada peringkat 12 dari 12 negara di kawasan Asia adalah kualitas kinerja guru. Hal yang sama juga terjadi pada kualitas pendidikan di provinsi Nusa Tenggara Timur khususnya pada kinerja guru kelompok kerja Guru (KKG) gugus IV kota KUpang. Banyak faktor yang turut mempengaruhi kinerja guru, beberapa diantaranya adalah gaya kepemimpinan kepala sekolah, pendidikan dan pelatihan serta motivasi kerja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh langsung dari kepemimpinan kepala sekolah, budaya sekolah, motivasi kerja dan kinerja guru. Sampel sebanyak 57 guru dan total keseluruhan jumlah guru PNS pada kelompok kerja guru gugus IV kecamatan Alak kota Kupang. Data dikumpulkan dari survey dan penyebaran kuisioner. Analisis menggunakan Analisis Jalur (path Analysis) dengan SmartPls. Hasil analisis menunjukkan bahwa, 1) kepemimpinan kepala sekolah, budaya sekolah, pendidikan dan pelatihan serta motivasi kerja secara langsung tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru, 2) kepemimpinan kepala sekolah secara langsung tidak berpengaruh signifikan terhadap motivasi kerja, sedangkan budaya sekolah dan diklat berpengaruh signifikan secara langsung, dan 3) motivasi kerja tidak memediasi hubungan antara kepemimpinan kepala sekolah, budaya sekolah dan diklat terhadap kinerja guru, kepribadian secara langsung berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru. Hasil temuan studi ini menjadi sebuah rekomendasi bagi penelitian lain untuk melakukan penelitian sejenis dengan memperhatikan jumlah unit sampel dan memperluas pada variabel penelitian yang lain sehingga kedepannya dapat berkontribusi dalam peningkatan kinerja guru.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kepemimpinan Kepala Sekolah, Budaya Sekolah, Pendidikan dan Pelatihan, motivasi kerja, kinerja guru.
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
J Political Science > JS Local government Municipal government
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ekonomika dan Bisnis > Program Studi Magister Manajemen > Konsentrasi Manajemen Pendidikan
Depositing User: S.Kom Sela Mikado
Date Deposited: 20 May 2022 01:23
Last Modified: 20 May 2022 01:23
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/6210

Actions (login required)

View Item View Item