Studi Literatur Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Biologi SMA

KARA, Yoventa (2021) Studi Literatur Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Biologi SMA. Undergraduate thesis, Unika Widya Mandira.

[img] Text
.COVER.pdf

Download (514kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (272kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (220kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (263kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (309kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (280kB)

Abstract

Masalah pendidikan dan pengajaran merupakan masalah yang cukup kompleks dimana banyak faktor yang ikut mempengaruhinya. Hal ini dikarenakan pada saat proses pembelajaran berlangsung peserta didik terkadang kurang senang terhadap mata pelajaran yang diajarkan atau kurang senang terhadap cara guru yang mengajar dalam artian terkadang cara mengajar guru yang membuat peserta didik bosan atau tidak tertarik mengikuti mata pelajaran sehingga sebagai tenaga pendidik atau guru harus tahu bagaimana cara membuat siswa tertarik atau senang mengikuti mata pelajaran. Oleh karena itu salah satu upaya untuk mengatasi masalah tersebut dengan menerapkan model Problem Based Learning, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran Biologi SMA. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian studi literatur yaitu penelitian dengan serangkaian kegiatan yang berkenaan dengan metode pengumpulan data pustaka, membaca dan mencatat serta mengelola bahan penelitian. Data yang ada kemudian diuraikan secara sistematis utuk mempermudah penulis dalam menyelesaikan masalah yang sedang diteliti dan selanjutnya penulis akan mengidentifikasi sumber yang ada untuk memperoleh hasil penelitian. Hasil penelitian dari sepuluh pustaka yang diambil menunjukkan bahwa rata-rata nilai posttest hasil belajar peserta didik pada kelas eksperimen mengalami peningkatan dari nilai rata-rata pretest. Hal ini didukung oleh data uji statistic inferensial untuk setiap pustaka menunjukkan bahwa nilai t hitung > t tabel dan nilai signifikasi a < 0,05. Berdasarkan hasil dan pembahasan penelitian dapat disimpulkan bahwa model Problem Based Learning berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik pada pembelajaran biologi SMA melalui studi literatur.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model Problem Based Learning, Hasil Belajar,Studi Literatur
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: S.Kom Sela Mikado
Date Deposited: 12 May 2022 05:51
Last Modified: 12 May 2022 05:51
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/6267

Actions (login required)

View Item View Item