Analisis Persaingan Bisnis Ritel Modern Minimarket 911 Dan Ritel Tradisional Kios Loni Di Desa Penfui Timur, Kota Kupang

ASAN, Angelina M. (2021) Analisis Persaingan Bisnis Ritel Modern Minimarket 911 Dan Ritel Tradisional Kios Loni Di Desa Penfui Timur, Kota Kupang. Undergraduate thesis, Unika Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (452kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (211kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (276kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (101kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (381kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (98kB)

Abstract

Kehadiran ritel modern menyebabkan persaingan bisnis antara ritel modern dengan ritel tradisional menjadi semakin ketat. Persaingan yang ketat mengharuskan setiap pelaku bisnis berupaya menerapkan strategi yang mampu membuat usahanya mendatangkan keberhasilan. Bentuk persaingan antara ritel modern dengan ritel tradisional berbeda dengan jenis persaingan yang lain, yaitu persaingan antar sesama ritel modern maupun sesama ritel tradisional. Perbedaan karakteristik yang berbanding terbalik semakin memperlemah posisi ritel tradisional. Tujuan penelitian (1) Untuk mengetahui persaingan bisnis ritel modern dan ritel tradisional di Desa Penfui Timur, Kota Kupang. (2) Untuk mengetahui strategi yang dilakukan kios kecil agar bertahan dalam menghadapi persaingan dengan minimarket. Penelitian dilakukan di Minimarket 911 dan Kios Loni Desa Penfui Timur Kota Kupang dengan jumlah sampel sebanyak 90 konsumen, yaitu konsumen dari Kios Loni sebanyak 45 orang dan konsumen dari Minimarket 911 sebanyak 45 orang, yang dilakukan dengan mengalih jumlah indikator dengan angka 5. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik anccidental sampling Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dan analisis kualitatif. Hasil penelitian mengambarkan rata-rata skor dari analisis deskriptif dari variabel Produk Yang Tepat (Right Product), Jumlah Yang Tepat (Right Quantity), Harga Yang Tepat (Right Price), Waktu Yang Tepat (Right Time), Pelayanan Yang Tepat (Right Service), Tempat Yang Tepat (Right Places), Promosi Yang Tepat (Right Appelas /Promotions) di Minimarket 911 semuanya dikategorikan baik, sedangkan rata-rata skor dari analisis deskriptif dari 7 variabel di Kios Loni dikategorikan cukup baik. Hasil perbandingan analisis deskriptif persepsi konsumen Minimarket 911 dan Kios Loni di Desa Penfui Timur Kota Kupang, yang telah diuji dari prepsi konsumen bahwa Minimarket 911 lebih baik dari Kios Loni karena dari segi produk yang ditawarkan, jumlah produk yang dijual, harga produk, waktu operasional, pelayanan yang diberikan, tempat, dan Promosi yang dilakukan oleh Minimarket 911 sudah tepat dan lebih baik dari Kios Loni. Berdasarkan analisis tersebut, disarankan Bagi pemilik kios Loni hendaknya lebih kreatif lagi seperti waktu buka usaha yang lebih cepat, pemilik toko juga harus menjaga kebersihan toko serta kebersihan barang dagangan dan menatanya dengan rapi, menambah variasi produk agar konsumen memiliki banyak pilihan dalam berbelanja serta memberikan pelayanan yang baik bagi setiap konsumen agar mereka merasa nyaman dan puas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Bisnis Ritel Modern, Bisnis Ritel Tradisional
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD61 Risk Management
Divisions: Fakultas Ekonomika dan Bisnis > Program Studi Manajemen
Depositing User: S.Kom Sela Mikado
Date Deposited: 11 May 2022 05:14
Last Modified: 11 May 2022 05:14
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/6288

Actions (login required)

View Item View Item