Peningkatan Keterampilan Bermain Instrumen Pianika Melalui Lagu Model Dalam Tangga Nada G Pada Siswa-Siswi KelaS XI IPA SMA Muhammadiyah Kupang Tahun Pelajaran 2013/2014

KOJAING, Katharina (2013) Peningkatan Keterampilan Bermain Instrumen Pianika Melalui Lagu Model Dalam Tangga Nada G Pada Siswa-Siswi KelaS XI IPA SMA Muhammadiyah Kupang Tahun Pelajaran 2013/2014. Undergraduate thesis, Unika Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (480kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (18kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (288kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (34kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (348kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (38kB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Peningkatan Keterampilan Bermain Instrumen Pianika Melalui Lagu Model Dalam Tangga Nada G Pada Siswa-Siswi Kelas XI IPA SMA Muhammadiyah Kupang Tahun Ajaran 2012/2013”. Masalah pokok yang diangkat dalam penelitian ini adalah upaya apa yang dilakukan guru untuk meningkatkan keterampilan belajar siswa dalam bermain instrumen pianika melalui lagu model dalam tangga nada G pada siswasiswi kelas XI IPA SMA Muhammadiyah Kupang, dengan tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan upaya guru dalam meningkatkan keterampilan belajar instrumen pianika melalui lagu model dalam tangga nada G. Manfaaat dari penelitian ini ada tiga yaitu bagi siswa, bagi guru, dan bagi sekolah. Yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah siswa-siswi kelas XI IPA dengan jumlah 26 orang. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan dekriptif kualiaif, dengan menggunakan metode penelitan tindakan kelas (Action Research). Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah studi lapangan yang meliputi ; observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian. Dalam pelaksanaan penelitian ini, peneliti berperan sebagai guru. Yang menjadi titik berat dalam penelitian tindakan kelas ini adalah keterampilan siswa-siswi dalam bermain instrumen pianika.Kegiatan ini dilakukan melalui tiga tahap yaitu kegiatan pra siklus dan kegiatan pada saat pelaksanaan siklus yang meliputi pelaksanaan siklus I, siklus II, siklus III, dengan masing-masing siklus memiliki empat tahap yakni, tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, dan tahap penilaian.Pada siklus I dengan materi tangga nada ber Kruis, yang meliputi cara mencari tangga nada I# (G), contoh teknik penjarian tangga nada G pada alat musik pianika. Beberapa kesulitan yang dialami siswa yaitu siswa sulit mempraktekan teknik pernapasan serta penjarian dalam tangga nada G.Upaya yang dilakukan guru adalah membimbing siswa yang mengalami kesulitan melakukan praktek penjarian serta pernapasan pada alat musik pianika. Pada siklus II materi yang diberikan adalah pemberian etude, latihan membaca dan memainkan partitur lagu Syukur. Kesulitan yang dialami siswa adalah kesulitan siswa sulit membaca partitur pada kelompok pianika II, serta teknik pernapasan dan penjarian dalam memainkan partitur lagu Syukur. Upaya yang dilakukan guru adalah melatih siswa untuk membaca partitur secara berulang-ulang, serta membimbing siswa yang menagalami kesulitan dalam memainkan melodi lagu Syukur. Pada siklus III materi yang diberikan adalah latihan pemantapan lagu Syukur serta pementasan. Kesulitan yang dihadapi siswa adalah sebagian siswa belum menguasai materi lagu, serta siswa tidak kompak dalam bermain lagu Syukur khususnya dari segi tempo.Upaya yang dilakukan guru adalah memberikan kesempatan kepada siswa yang belum menguasai materi lagu untuk memabaca serta mengahafal dan mengajak siswa untuk berasma-sama mendengarkan tempo yang diberikan oleh guru. Pada siklus III ini juga siswa mementaskan hasil permainan lagu Syukur yang telah diarransemen di depan kelas dengan baik dan terampil sesuai dengan tujuan penelitian. Dari hasil pelaksanaan masing-masing siklus diperoleh kesimpulan bahwa keterampilan siswa-siswi kelas XI IPA SMA Muhammadya Kupang dalam bermain instrumen pianika dengan lagu model Syukur pada tangga nada G mengalami peningkatan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan, Pianika, dan Lagu Model
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
M Music and Books on Music > ML Literature of music
M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Musik
Depositing User: S.Kom Sela Mikado
Date Deposited: 25 May 2022 04:02
Last Modified: 25 May 2022 04:02
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/6596

Actions (login required)

View Item View Item