BLIKOLOLONG, Maria Melania Wure (2016) Pengaruh Kemampuan Verbal Dan Kemampuan Keruangan Terhadap Hasil Belajar Pada Materi Hidrokarbon Dengan Model Pembelajaran Discovery Learning Kelas X SMA Swasta Sudirman Kupang Tahun Ajaran 2015/2016. Undergraduate thesis, Unika Widya Mandira.
Text
ABSTRAK.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (276kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (633kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (678kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (775kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (497kB) |
Abstract
Rendahnya hasil belajar peserta didik diduga disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya adalah kemampuan verbal dan kemampuan keruangan. Pembelajaran dengan metode pembelajaran discovery learning adalah pembelajaran yang mendorog seperta didik untuk menemukan sehingga dapat mengajukan pertanyaan dan menarik kesimpulan dari prinsip-prinsip umum berdasarkan pengalaman dan kegiatan praktis. Tujuan dari penelitian ini yaitu (1). Untuk mengetahui efektifitas pembelajaran dengan menerapkan metode pembelajaran discovery lerning pada materi hidrokarbon. (2) Untuk mengetahui kemampuan verbal. (3)Untuk mengetahui kemampuan keruangan. (4). a. Untuk mengetahui ada tidaknya hubungan kemampuan verbal dengan hasil belajar peserta didik dengan menerapkan metode pembelajaran discovery lerning pada materi hidrokarbon, b. Untuk mengetahui ada tidaknya hubungan kemampuan keruangan dengan hasil belajar peserta didik dengan menerapkan pendekan saintifik pada materi hidrokarbon c. Untuk mengetahui ada tidaknya hubungan kemampuan verbal dan kemampuan keruangan terhadap hasil belajar peserta didik dengan menerapkan metode pembelajaran discovery lerning pada materi hidrokarbon (5) a . Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh kemampuan verbal terhadap hasil belajar peserta didik dengan menerapakan metode pembelajaran discovery lerning pada materi hidrokarbon. b. Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh kemampuan keruangan terhadap hasil belajar peserta didik dengan menerapakan metode pembelajaran discovery lerning pada materi hidrokarbon. c. Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh kemampuan verbal dan kemampuan keruangan terhadap hasil belajar peserta didik dengan menerapkan metode pembelajaran discovery lerning pada materi hidrokarbon. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dan asosiatif. Populasi dan sampelnya yaitu seluruh peserta didik kelas X SMA Swasta Sudirman Kupang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar pengamatan pengelolaan pelaksanaan pembelajaran yang menerapkan metode pembelajaran discovery lerning, lembar pengamatan kemampuan psikomotor peserta didik , lembar sikap spiritual peserta didik , lembar sikap sosial peserta didik , Tes Hasil Belajar (THB), lembar aspek psikomotor,lembar tes kemampuan verbal, dan tes kemampuan keruangan. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan statistik. Dari hasil analisis data diperoleh bahwa 1) kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran dengan menerapkan metode pembelajaran discovery lerning termasuk dalam kategori baik dengan skor 3,47. Ketuntasan indikator hasil belajar dengan menerapkan metode pembelajaran discovery lerning adalah tuntas dengan rincian untuk keempat aspek: (a) aspek sikap spiritual dengan skor rata –rata 85,5 (b) aspek sikap sosial dengan skor rata-rata 86 (c) aspek kognitif tuntas dengan skor 81, (d) aspek psikomotor tuntas dengan skor 85,5. 2) Kemampuan verbal peserta didik kelas X SMA Swasta Kupang tahun ajaran 2015/2016 cukup baik dalam kategori kemampuan verbal dengan skor rata-rata yang diperoleh yaitu 0,379. 3) Kemampuan keruangan peserta didik kelas X SMA Swasta Sudirman Kupang tahun ajaran 2015/2016 formal termasuk dalam kategori cukup baik dengan skor rata-rata 0,3625. 4) a. Ada hubungan antara kemampuan verbal dengan hasil belajar dengan nilai korelasi pearson product moment yang diperoleh adalah 0,92. b. Ada hubungan antara kemampuan keruangan dengan hasil belajar dengan korelasi Pearson Product Moment 0,86. c. Ada hubungan yang signifikan antara kemampuan verbal dan kemampuan keruangan dengan hasil belajar dengan korelasi Pearson Product Moment 0,92. 5) a. Ada pengaruh antara kemampuan verbal dengan hasil belajar dengan persamaan regresi sederhana . b. Ada pengaruh antara kemampuan keruangan terhadap hasil belajar dengan persamaan regresi sederhana : . c. Ada pengaruh antara kemampuan berpikir kritis dan kemampuan penalaran formal terhadap hasil belajar denganpersamaan regresi ganda Ŷ= 45,845+ 0,27 X1 + 0,746 X2
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Verbal, Kemampuan Keruangan, Model Pembelajaran Discovery Learning dan Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Kimia |
Depositing User: | S.Kom Sela Mikado |
Date Deposited: | 14 Jun 2022 03:14 |
Last Modified: | 14 Jun 2022 03:14 |
URI: | http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/6830 |
Actions (login required)
View Item |