Pengaruh Digital Marketing, Word Of Mouth dan Brand Ambassador terhadap Keputusan Pembelian pada Marketplace Blibli di Kota Kupang

TEFA, Rinia Widia Yanti (2022) Pengaruh Digital Marketing, Word Of Mouth dan Brand Ambassador terhadap Keputusan Pembelian pada Marketplace Blibli di Kota Kupang. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (663kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (530kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (430kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (494kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (758kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (450kB)

Abstract

Blibli adalah salah satu e-commerce yang berada di Indonesia. Perkembangan data pengunjung pada e-commerce Blibli di Indonesia selama 5 tahun terakhir mengalami penurunan yang cukup signifikan. Masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana gambaran konsumen mengenai digital marketing, word of mouth, brand ambassador, dan keputusan pembelian pada Marketplace Blibli di Kota Kupang? (2) Apakah digital marketing, word of mouth, dan brand ambassador secara parsial dan simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada Marketplace Blibli di Kota Kupang? Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh masyarakat di Kota Kupang yang telah atau pernah memutuskan untuk membeli di Marketplace Blibli, yang jumlahnya tidak diketahui secara pasti. Sampel dalam penelitian ini yaitu 108 responden. Pengumpulan data menggunakan Kuesioner melalui Google Form. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasil analisis deskriptif menggambarkan variabel digital marketing sebesar 79%, variabel word of mouth 74%, variabel brand ambassador 72%, dan keputusan pembelian 78%, semua variabel termasuk dalam kategori baik. Analisis statistik regresi linear berganda diperoleh persamaan Y = 0,531X1 + 0,224X2 + 0,182X3. Hasil uji t diperoleh thitung untuk variabel digital marketing sebesar 6,211 dengan nilai signifikan 0,000, variabel word of mouth sebesar 2,722 dengan nilai signifikan 0,008, dan variabel brand ambassador sebesar 2,553 dengan nilai signifikan 0,012, di mana nilai signifikansinya lebih kecil dari 0,05. Hasil uji Fhitung sebesar 92,523 dengan nilai signifikansinya lebih kecil dari 0,05 yaitu sebesar 0,000. Hasil ini menunjukaan bahwa baik secara parsial maupun simultan ke tiga variabel bebas berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada Marketplace Blibli di Kota Kupang. Nilai koefisien determinasi (R2) yang dihasilkan menjelaskan kontribusi pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat sebesar 72%, sedangkan sisanya sebesar 28% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil analisis tersebut, disarankan kepada Marketplace Blibli agar memakai model desain iklan yang menarik dan pengambilan gambar yang estetik pada iklan, perlu membuat program referral dan meminta konsumen untuk memberikan ulasan serta rating terhadap produk, serta menggunakan brand ambassador seperti Awkarin yang memiliki banyak fans, agar konsumen dapat tertarik berbelanja di Blibli.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Digital Marketing, Word Of Mouth, Brand Ambassador, dan Keputusan Pembelian
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HF Commerce
Divisions: Fakultas Ekonomika dan Bisnis > Program Studi Manajemen
Depositing User: S.M Rinia Widia Yanti Tefa
Date Deposited: 28 Aug 2022 04:41
Last Modified: 28 Aug 2022 04:41
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/8030

Actions (login required)

View Item View Item