Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Inkuiri Terbimbing (Guide Inquiry) Pada Materi Pencemaran Lingkungan Kelas VII SMPK Rosa Mystica

ALEXIA, Romana (2022) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Inkuiri Terbimbing (Guide Inquiry) Pada Materi Pencemaran Lingkungan Kelas VII SMPK Rosa Mystica. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (503kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (115kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (178kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (289kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (607kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (116kB)

Abstract

Penggunaan LKPD dalam pembelajaran belum diterapkan secara maksimal oleh guru IPA Terpadu Kelas VII SMPK Rosa Mystica. LKPD yang digunakan hanya berisikan soal-soal pertanyaan sebagai bahan evaluasi serta tidak memuat gambar-gambar, sehingga secara tampilan kurang menarik. Bentuk LKPD yang digunakan oleh guru juga merupakan LKPD yang berfungsi sebagai penuntun belajar dengan fungsi utama membantu peserta didik menghafal dan memahami materi pelajaran yang terdapat di dalam buku. Sehingga peserta didik tidak diberikan kesempatan untuk belajar secara aktif dalam menemukan konsep dan pengetahuan secara mandiri melalui pendekatan saintifik sesuai dengan tuntutan Kurikulum 2013. Salah satu model pembelajaran yang mengutamakan pendekatan saintifik dan tepat untuk diterapkan adalah inkuri terbimbing. Penelitian ini bertujuan untuk : 1) mengetahui kelayakan LKPD berbasis inkuiri terbimbing, 2) mengetahui keefektifan LKPD berbasis inkuiri terbimbing dan 3) mengetahui kepraktisan LKPD berbasis inkuiri terbimbing. Jenis penelitian adalah penelitian dan pengembangan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation) yang dikembangkan oleh Dick dan Carry. Teknik pengumpulan data yaitu melalui wawancara, angket dan tes hasil belajar. Tes hasil belajar dilakukan untuk menguji keefektifan LKPD menggunakan desain penelitian pre-experimen dengan bentuk one-group pretest - posttest design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) LKPD berbasisi inkuiri terbimbing sangat layak diujicobakan kepada peserta didik dalam kegiatan belajar mengajar. Kelayakan tersebut ditinjau dari hasil analisis penilaian validator ahli materi dengan persentase rata-rata sebesar 90% dan penilaian validator ahli media dengan persentase rata-rata sebesar 83%. 2) LKPD berbasis inkuiri terbimbing cukup efektif digunakan dalam kegiatan belajar mengajar ditinjau dari hasil analisis N-gain peningkatan hasil belajar peserta didik yaitu sebesar 0,65 dengan interpretasi sedang. 3) LKPD berbasis inkuiri terbimbing sangat praktis ditinjau dari hasil analisis respon peserta didik dengan persentase rata-rata sebesar 88 %. Kesimpulan dari penelitian ini adalah 1) LKPD berbasis inkuiri terbimbing yang telah dikembangkan dinilai sangat layak diujicobakan ditinjau dari penilaian validator ahli materi dan ahli media. Kelayakan tersebut dapat dilihat dari persentase rata-rata penilaian ahli materi yaitu sebesar 90% dengan interpretasi sangat layak dan persentase rata-rata penilaian ahli media yaitu sebesar 83% dengan interpretasi sangat layak. 2) Keefektifan LKPD berbasis inkuiri terbimbing dilihat dari N-gain peningkatan hasil belajar peserta didik sebelum (pretest) dan sesudah (posttest) pembelajaran menggunakan LKPD berbasis inkuiri terbimbing. Hasil skor rata-rata N-gain peserta didik yaitu sebesar 0,65 dengan interpretasi sedang. 3) Kepraktisan LKPD berbasis inkuiri terbimbing merujuk pada respon peserta didik terhadap LKPD yang dikembangkan. Peserta didik memberikan respon baik terhadap LKPD yang dikembangkan. Sehingga persentase rata-rata dari respon atau penilaian peserta didik yaitu sebesar 88% dengan interpretasi sangat praktis.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Lembar Kerja Peserta Didik, Inkuiri Terbimbing, Pencemaran Lingkungan
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: S.Pd Romana Alexia
Date Deposited: 30 Aug 2022 00:26
Last Modified: 30 Aug 2022 00:26
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/8093

Actions (login required)

View Item View Item