Efektifitas Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Materi Pokok Tata Nama Senyawa Dan Persamaan Reaksi Kimia Pada Kelas X Semester Ganjil Di SMA Swasta Seminari St. Rafael Oepoi Kupang Tahun Ajaran 2012/2013

WAE, Ernesta (2012) Efektifitas Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Materi Pokok Tata Nama Senyawa Dan Persamaan Reaksi Kimia Pada Kelas X Semester Ganjil Di SMA Swasta Seminari St. Rafael Oepoi Kupang Tahun Ajaran 2012/2013. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (470kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (108kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (293kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (408kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (786kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (206kB)

Abstract

Pembelajaran kooperatif merupakan model pembelajaran dengan sejumlah siswa sebagai anggota kelompok kecil yang tingkat kemampuannya berbeda. Dalam menyelesaikan tugas kelompoknya, setiap anggota kelompok harus saling bekerja sama dan saling membantu untuk memahami materi pelajaran. Dalam pembelajaran kooperatif, belajar dikatakan belum selesai jika salah satu teman dalam kelompok belum menguasai bahan pelajaran. Masalah umum dalam skripsi ini adalah “Bagaimana efektivitas penerapan model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD materi pokok tata nama senyawa dan persamaan reaksi kimia pada kelas X semester ganjil di SMA Swasta Seminari St. Rafael Oepoi Kupang tahun ajaran 2012/2013? Tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan kemampuan guru mengelola kegiatan pembelajaran. (2) Mendeskripsikan ketuntasan indikator dan tes hasil belajar. (3) Mendeskripsikan ketuntasan hasil belajar siswa. (4) Mendeskripsikan ketuntasan keterampilan kooperatif tipe STAD. Instrumen yang digunakan adalah (1) Lembar Pengamatan pelaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. (2) Kisi-kisi dan tes hasil belajar produk. (3) Angket perencanaan dan evaluasi model pembelajaran koooperatf tipe STAD (4) Lembar pengamatan keterampilan kooperatif. Instrumen ini dianalisis dengan analisis deskriptif. Dalam mengelola pembelajaran guru dapat mengelolanya dengan baik perangkat yang telah ditentukan. Dari analisis dapat disimpulkan (1)kemampuan guru pada tahap perencanaan pembelajaran yang dihasilkan adalah baik, yang meliputi Silabus, RPP, LKS, BAS, Kisi-kisi dan tes hasil belajar produk, dan lembar pengamatan keterampilan kooperatif, kemampuan guru pada tahap pelaksanaan adalah baik, dan kemam.puan guru pada tahap evaluasi pembelajaran adalah baik. (2) semua indikator yang disiapkan tuntas, dengan proporsi ketuntasan rata-rata 0,90. (3) hasil belajar siswa semuanya baik, dengan ketuntasan rata-rata 85,38%. (4) Pengamatan keterampilan kooperatif baik, secara keseluruhan semua aspek yang diamati berada pada rentangan ideal yang telah ditentukan Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD adalah baik dan efektif untuk mencapai tujuan pembelajaran, terutama pada materi pokok tata nama senyawa dan persamaan reaksi kimia, karena itu disarankan agar guru dapat menerapkannya dalam pembelajaran untuk mencapai hasil yang optimal.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: S.Kom Sela Mikado
Date Deposited: 02 Sep 2022 00:07
Last Modified: 02 Sep 2022 00:07
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/8215

Actions (login required)

View Item View Item