Analisa Superelevasi Pada Tikungan Jalan Adi Sucipto, Segmen UNKRIS – UNDANA (STA 0+000 – STA 0+850)

BAU, Adri Irvan Bele (2015) Analisa Superelevasi Pada Tikungan Jalan Adi Sucipto, Segmen UNKRIS – UNDANA (STA 0+000 – STA 0+850). Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
Abstrak.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Bab I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Bab II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
bab III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
Bab IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (752kB)
[img] Text
Bab V.pdf

Download (1MB)

Abstract

Analisa superelevasi pada tikungan jalan Adi Sucipto merupakan analisa terhadap kemiringan melintang permukaan jalan pada bagian tikungan suatu alinyemen horizontal dengan maksut untuk mengantisipasi gaya sentrifugal yang diakibatkan oleh kendaraan itu sendiri. Tujuan penelitian ini untuk (1) mengetahui mengetahui kondisi existing superelevasi pada tikungan jalan Adi Sucipto; (2) mengetahui hubungan superelevasi existing dengan kecepatan kendaraan (3) merancang superelevasi pada tikungan jalan Adi Sucipto berdasarkan standar spesifikasi Bina Marga. Hasil analisa yang didapat dari data lapangan jalan Adi Sucipto yang terletak di Kelurahan Oesapa , Kota Kupang-NTT dengan panjang lokasi penelitian ± 850 m dan memiliki tujuh buah tikungan dengan jari – jari pada tikungan 1 = 30 m, tikungan 2 = 50 m, tikungan 3 = 50 m, tikungan 4 = 50 m, tikungan 5 = 50 m, tikungan 6 = 50 m, dan tikungan 7 = 50. Nilai superelevasi pada tikungan 1 = 10,76, tikungan 2 = 2,00, tikungan 3 = 5,72, tikungan 4 = 8,75, tikungan 5 = 5,23, tikungan 6 = 7,62, tikungan 7 = 6,28, serta kecepatan rata – rata saat mendaki = 51,24 km/jam dan saat menurun = 52,19 km/jam, berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh diketahui kondisi superelevasi dan kecepatan kendaraan pada tikungan jalan Adi Sucipto tidak memenuhi standar Bina Marga yaitu untuk jalan perkotaan kelas I type II superelevasi maksimum yang diijinkan adalah 6% dengan kecepatan rencana 30 – 40 km/jam. Untuk itu dilakukan desain superelevasi pada tikungan jalan Adi Sucipto untuk memperoleh nilai superelevasi dan kecepatan rencana pada tikungan yang memenuhi standar Bina Marga yaitu 6% dan kecepatan 30 – 40 km/jam. kecepatan yang besar pada tikungan tidak hanya dipengaruhi oleh superelevasi yang besar namun dipengaruhi juga oleh besarnya jari – jari tikungan. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kecelakaan yang terjadi pada tikungan jalan Adi Sucipto diakibatkan oleh kecepatan kendaraan yang melampaui kecepatan rencana yang ditetapkan Bina Marga yaitu 30 – 40 km/jam sehingga mengakibatkan terjadinya kecelakaan pada tikungan jalan Adi Sucipto

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil
Depositing User: S.Kom Sela Mikado
Date Deposited: 02 Sep 2022 00:32
Last Modified: 02 Sep 2022 00:32
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/8262

Actions (login required)

View Item View Item