SEMIA, Veronika (2015) Penerapan Teknik Dasar Bermain Alat Musik Rekorder Sopran Pada Siswa Kelas VII A SMPN 1 Langke Rembong Kabupaten Manggarai Melalui Metode Drill Tahun 2014/2015. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.
Text
ABSTRAK.pdf Download (512kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (105kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (301kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (111kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (533kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (255kB) |
Abstract
Metode pembelajaran merupakan salah satu unsur utama dalam keberhasilan proses belajar mengajar di kelas. Pembelajaran alat musik rekorder sopran pada siswa SMP, termasuk juga siswa-siswi kelas V11 A SMPN 1 Langke Rembong, yang belum pernah mengenal permainan alat ini, hendaknya dibutuhkan strategi tertentu. Pembelajaran melalui metode drill merupakan salah satu alternatif yang dilakukan guru guna menerapkan teknik dasar bermain rekorder sopran. Masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah bagaimana upaya guru (peneliti) menerapkan teknik dasar bermain alat musik rekorder sopran pada siswa-siswi kelas V11 A SMPN 1 Langke Rembong melalui metode Drill. Adapun tujuan dari peneilitian ini yakni untuk mendeskripsikan upaya yang dilakukan guru (peneliti) untuk menerapkan teknik dasar bermain alat musik rekorder sopran pada siswa-siswi kelas V11 A SMPN 1 Langke Rembong melalui metode Drill. Penelitian ini bersifat Kualitatif, Metode penelitian yang digunakan yakni tindakan kelas (PTK), Sedangakan teknik pengumpulan data menggunakan studi pustaka, observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil analisis data menunjukan bahwa upaya guru (peneliti) menerapkan teknik dasar bermain alat musik rekorder sopran pada siswa-siswi kelas V11 A SMPN 1 Langke Rembong melalui metode Drill dilakukan melalui langkahlangkah sebagai berikut: 1) Guru memberikan penjelasan tentang alat musik rekorder sebagai salah satu instrumen tiup, yang memiliki bagian-bagian yang terdiri dari bagian kepala terdapat lubang tiup dan lubang filter, bagian badan terdapat 6 lubang nada dan lubang oktaf di belakang badan rekorder, dan bagian ekor terdapat 1 lubang. Selain itu dijelaskan pula peran dari jari-jari ketika menutup lubang nada. 2). Guru membimbing siswa melakukan latihan penjarian melalui praktek permainan tangga nada C secara berulang-ulang, baik bersama-sama maupun berkelompok dan individual. 3). Guru membimbing siswa memainkan etude-etude baik secara melangkah maupun melompat yang dilakukan berulang-ulang sampai benar-benar siswa menguasainya. 4). Siswa dilatih memainkan lagu model “Burung Kaka Tua” dengan memperhatikan irama ketukan 3/4, pergerakan nada secara melangkah dan melompat, teknik penjarian dan teknik meniup yang benar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Rekorder Sopran, Siswa, Metode Drill, Teknik Penjarian, teknik Meniup |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Musik |
Depositing User: | S.Kom Sela Mikado |
Date Deposited: | 14 Sep 2022 06:20 |
Last Modified: | 14 Sep 2022 06:20 |
URI: | http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/8730 |
Actions (login required)
View Item |