DYONISIA, Yulia (2015) Upaya Meningkatkan Teknik Membaca Solmisasi Pada Siswa Kelas VIIA SMP Negeri 2 Langke Rembong Kabupaten Manggarai Melalui Metode Pembelajaran Solfegio‖. Tahun Pelajaran 2014/2015. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.
Text
ABSTRAK.pdf Download (906kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (183kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (471kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (214kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (549kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (318kB) |
Abstract
Kegiatan bernyanyi yang dilakukan di sekolah selama ini tidak dibiasakan didahului dengan membaca notasi (solmisasi) sebelun menyanyikan syair lagu. Hal ini dialami pula oleh siswa-siswi kelas VII A SMP Negeri 2 Langke Rembong”. Di lain pihak penerapan membaca notasi memerlukan strategi yang tepat agar siswa terpacu untuk membaca solmisasi, dan metode solfegio merupakan salah satu cara agar siswa dapat membaca notasi solmisasi. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini yakni: Bagaimana upaya guru dalam penerapan teknik membaca solmisasi pada siswa kelas VII A SMP Negeri 2 Langke Rembong Kabupaten Manggarai melalui metode pembelajaran solfegio. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya guru dalam penerapan teknik membaca solmisasi pada peserta didik melalui metode pembelajaran solfegio . Penelitian ini bersifat kualitatif dan metode penlitian yang digunakan yakni Tindakan Kelas. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data yakni teknik observasi (partisipan), wawancara, diskusi-mendalam, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, proses penerapan tehnik membaca solmisasi pada siswa kelas VIIA SMP Negeri 2 Langke Rembong, Kabupaten Manggarai dilaksanakan melalui langkah-langkah sebagai berikut: Siklus I: (1) Pengenalan tentang konsep notasi angka. (2) Menyanyikan solmisasi dari nada “Do” rendah sampai nada “Do” tinggi dan sebaliknya. (3) Pengenalan tentang konsep interval prime sampai interval kuart. (4) Menyanyikan nada-nada prim. (5) Menyanyikan nadanada melangkah. (6) Menyanyikan nada-nada melompat mulai dengan nada berinterval sekonde, terts, dan kuart. (7) Menyanyikan etude-etude yang mirip dengan nada pada lagu model. (8) Menyanyikan solmisasi lagu model yang dimulai dari frase per frase kemudian digabungkan secara keseluruhan. (9) Menyanyikan syair lagu model (10) Mengadakan pementasan secara berkelompok. Siklus II: (1) Pengenalan tentang konsep interval kuint sampai interval oktaf. (2) Pengenalan nada-nada dengan interval kuint, sekst, septim dan oktaf. (3) Menyanyikan etude-etude yang mirip dengan lagu model pada siklus kedua. (4) Menyanyikan solmisasi lagu model frase perfrase lalu digabungkan secara keseluruhan lagu. (5) Menyanyikan syair lagu model. (6) Mengadakan pementasan secara berkelompok. Siklus III (1) Pengenalan konsep nada kromatis (2) Menyanyikan nada-nada kromatis di, ri, fi, sel dan sa.(3) Menyanyikan etude-etude yang mirip dengan lagu model pada siklus III. (4) Menyanyikan solmisasi lagu model yang dimulai dari frase perfrase barulah digabungkan keseluruhan lagu. (5) Menyanyikan syair lagu model. (6) Melaksanakan pementasan secara berkelompok. Lewat penerapan membaca solmisasi menggunakan metode pembelajaran solfegio, siswa dapat membaca solmisasi dan menyanyikan lagu model yang berbeda pada setiap siklusnya. Disarankan guru seni yang hendak membimbing siswa menyanyikan sebuah lagu baru dianjurkan untuk mengadakan latihan diwali dengan membaca notasi melalui metode solfegio agar siswa dapat memiliki keterampilan dalam membaca solmisasi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | membaca solmisasi, pembelajaran, tindakan kelas, solfegio. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Musik |
Depositing User: | S.Kom Sela Mikado |
Date Deposited: | 14 Sep 2022 06:56 |
Last Modified: | 14 Sep 2022 06:56 |
URI: | http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/8760 |
Actions (login required)
View Item |