Uji Efektivitas Pembelajaran Biologi Materi Pokok Ekosistem Melalui Penerapan Picture And Picture Pada Siswa Kelas VII B Di SMP Adhyaksa 2 Kupang Tahun Ajaran 2013/2014

MEKO, Apriyane Sofia (2014) Uji Efektivitas Pembelajaran Biologi Materi Pokok Ekosistem Melalui Penerapan Picture And Picture Pada Siswa Kelas VII B Di SMP Adhyaksa 2 Kupang Tahun Ajaran 2013/2014. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (119kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (24kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (186kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (36kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (63kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (19kB)

Abstract

Di Sekolah SMP 2 Adhyaksa Kupang hasil belajar siswa rendah terhadap materi Ekosistem. Diperkirakan permasalahannya terdapat pada pemilihan model, strategi dan metode pembelajaran yang belum tepat. Pembelajaran Kooperatif dengan penerapan Picture and Picture merupakan salah satu alternatif yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keevektifan pembelajaran Biologi Materi pokok Ekosistem melalui penerapan Picture and picture tahun ajaran 2013/2014. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Adhyaksa 2 Kupang, dari tanggal 26-28 Maret. Jenis penelitian ini adalah Pra-eksperimen karena dalam penelitian ini tidak menggunakan kelompok kontrol. Desain yang digunakan One-Group Pretest- Posttest Design. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu tes hasil belajar(THB), lembar aktivitas siswa dan lembar pengamatan aktivitas guru. Theknik analisis data menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; 1) skor rata-rata guru dalam mengelola pembelajaran adalah 3,77 (baik). 2) Reliabilitas instrumen aktivitas siswa adalah 94,44% (baik). 3) Rata-rata proporsi indikator adalah 0,84% (tuntas) dan sensitivitas butir soal adalah 0,48 ≥ 0,30 (sensitif) sehingga mempunyai efek dalam pembelajaran. 4) reliabilitas instrumennya 97,09 (baik) dan 5) rata-rata ketuntasan belajar siswa perindividu adalah 94,5% (tuntas) dan secara klasikal kelas VII dikatakan tuntas dengan pencapaian ketuntasannya 100% (tuntas). Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif melalui penerapan Picture and picture efektiv, dalam pembelajaran biologi siswa SMP kelas VII pada materi pokok Ekosistem di SMP Adhyaksa 2 Kupang tahun ajaran 2013/2014.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Efektifitas, Picture and picture , Hasil Belajar, Ekosistem.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > Q Science (General)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: S.Kom Sela Mikado
Date Deposited: 29 Sep 2022 00:14
Last Modified: 29 Sep 2022 00:14
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/9490

Actions (login required)

View Item View Item