Uji Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Melalui Pendekatan Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Materi Pokok Sistem Pencernaan Makanan Pada Manusia di SMPK Diakui St. Yosef Weluli Kabupaten Belu Tahun Ajaran 2014/2015

MORUK, Maria Waty (2014) Uji Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Melalui Pendekatan Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Materi Pokok Sistem Pencernaan Makanan Pada Manusia di SMPK Diakui St. Yosef Weluli Kabupaten Belu Tahun Ajaran 2014/2015. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (177kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (21kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (302kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (72kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (74kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (22kB)

Abstract

Pendidikan adalah upaya pengembangan potensi peserta didik. Maka peserta didik harus dipandang sebagai organisme yang terus berkembang serta memiliki potensi. Tujuan dari pendidikan adalah untuk mengembangkan potensi yang dimiliki peserta didik, Salah satu model pembelajaran yang bisa mengaktifkan siswa dalam proses pembelajaran adalah model pembelajaran kooperatif. Model pembelajaran ini dalam kegiatan pembelajaran melibatkan kelompok kecil yang dibentuk secara heterogen baik dari aspek intelektual, ras, suku, budaya dan jenis kelamin untuk bekerjasama dalam belajar, dimana sebagai suatu tim/kelompok untuk menyelesaikan tugas untuk mencapai tujuan bersama. Model pembelajaran kooperatif yang digunakan dalam penelitian adalah melalui pendekatan Jigsaw. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Pendekatan Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Materi Pokok Sistem Pencernaan Makanan Pada Manusia Di SMPK Diakui St. Yosef Weluli Kabupaten Belu Tahun Ajaran 2014/2015 . Yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah siswa/i kelas VIIIB , dan jenis Penelitian yang digunakan adalah Pra Eksperimen dengan Desain penelitianya One Group Pretest-Postest Design. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rerata ketuntasan belajar siswa perindividu 92,14 (tuntas) dan secara klasikal 100% (tuntas). Rerata proporsi indikator 0,96 (tuntas), dan sensitivitas butir soal 0,75 (sensitif) sehingga mempunyai efek dalam pembelajaran. Reliabilitas instrumen aktivitas siswa 92,69 (baik), skor rerata guru dalam mengelola pembelajaran 3,78 (baik), dan reliabilitas instrumennya 98 (baik). Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Penerapan model pembelajaran Kooperatif Pendekatan Jigsaw Efektif Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Materi Pokok Sistem Pencernaan Makanan Pada Manusia Di SMPK Diakui St. Yosef Weluli Kabupaten Belu Tahun Ajaran 2014/2015

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas,Model Pembelajaran Kooperatif Pendekatan Jigsaw, Hasil Belajar Siswa Dan Sistem Pencernaaan Makanan Pada Manusia.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: S.Kom Sela Mikado
Date Deposited: 21 Oct 2022 01:51
Last Modified: 21 Oct 2022 01:51
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/9603

Actions (login required)

View Item View Item