Peranan Konselor Sekolah Dalam Meningkatkan Rasa Percaya Diri Siswa (Studi Deskriptif Pada Siswa Kelas VIIA SMPK St. Yoseph Naikoten Kupang Tahun Pelajaran 2013/2014)

BOTAN, Emiliana D. K. (2014) Peranan Konselor Sekolah Dalam Meningkatkan Rasa Percaya Diri Siswa (Studi Deskriptif Pada Siswa Kelas VIIA SMPK St. Yoseph Naikoten Kupang Tahun Pelajaran 2013/2014). Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (393kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (65kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (99kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (55kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (169kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (53kB)

Abstract

Judul skripsi: Peranan Konselor Sekolah Dalam Meningkatkan Rasa Percaya Diri Siswa (Studi Deskriptif Analitik Pada Siswa kelas VIIA SMPK St. Yoseph Naikoten Kupang Tahun Pelajaran 2013/2014) Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana peranan konselor sekolah dalam meningkatkan rasa percaya diri siswa kelas VIIA pada SMPK St. Yoseph Naikoten Kupang tahun pelajaran 2013/2014. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peranan konselor sekolah dalam meningkatkan rasa percaya diri siswa kelas VIIA pada SMPK St. Yoseph Kupang tahun pelajaran 2013/2014). Subjek penelitian adalah konselor sekolah, wali kelas, guru, siswa-siswi kelas VIIA SMPK St. Yoseph Naikoten Kupang. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Tekniknya adalah observasi dan wawancara. Alat pengumpulan data berupa pedoman observasi dan pedoman wawancara. Teknik pengolahan dan analisis data yang digunakan adalah reduksi data, display data dan verifikasi data.Teknik pengujian keabsahan data adalah triangulasi dan member check. Berdasarkan data yang telah terkumpul, peneliti mengambil kesimpulan bahwa peranan konselor sekolah dalam meningkatkan rasa percaya diri siswa yaitu sebagai pembimbing yang mengembangkan kepribadiaan siswa dengan cara mengenal dan memahami siswa secara mendalam, memperlakukan siswa secara manusiawi, memberikan kemudahan kepada siswa untuk mengembangkan diri secara optimal dan memelihara suasana kelas supaya tetap menyenangkan bagi siswa. Disaran kepada pihak yang terkait yaitu kepala sekolah selaku penanggung jawab di sekolah, agar dapat membantu para guru dalam memberikan bimbingan kepada siswa-siswi yang bermasalah khususnya dalam masalah kedisiplinan dalam proses pembelajaran, kenselor sekolah agar dapat membimbing dan mendampingi para siswa dalam mengatasi masalah belajar agar dapat meningkatkan motivasi yang baru dalam pribadi siswa, konselor sekolah hendaknya bekerja sama dengan wali kelas dan kepala sekolah dalam memberikan informasi tentang masalah siswa khususnya masalah disiplin belajar, siswa dapat mengetahui peran guru sebagai pembimbing sehingga para siswa lebih terbuka, dan menerima serta mematuhi bimbingan yang diberikan oleh guru dalam pengembangan disiplin belajar di sekolah tersebut.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Bimbingan dan Konseling
Depositing User: S.Kom Sela Mikado
Date Deposited: 25 Oct 2022 06:21
Last Modified: 25 Oct 2022 06:21
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/9742

Actions (login required)

View Item View Item