Upaya Menerapkan Teknik Appoyando Dan Teknik Tirando Dalam Permainan Gitar Untuk Mahasiswa Minat Gitar Semester I Sendratasik Unwira Kupang Pada Lagu Sayang Go Binek Melalui Metode Latihan (Drill)

DJAWAN, Romanus Heko (2016) Upaya Menerapkan Teknik Appoyando Dan Teknik Tirando Dalam Permainan Gitar Untuk Mahasiswa Minat Gitar Semester I Sendratasik Unwira Kupang Pada Lagu Sayang Go Binek Melalui Metode Latihan (Drill). Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (554kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (170kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (464kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (101kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (926kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (74kB)

Abstract

Musik daerah lahir, berkembang dan dilestarikan di dalam daerah itu sendiri. Lagu Sayang Go Binek, salah satu lagu daerah Lembata dapat dimainkan dengan alat musik moderen yaitu, gitar ,lewat teknik petikan appoyando dan teknik petikan tirando. Mahasiswa program studi sendratasik semester I sendratasik belum pernah mendapatkan materi tentang teknik petikan appoyando dan teknik petikan tirando melalui permainan alat musik “gitar”, karena itu peneliti berniat membimbing dan melatih mahasiswa sendratasik semester I dalam memainkan alat musik “gitar” dengan mempraktekan kedua teknik gitar tersebut. Agar penelitian ini lebih terarah, maka penulis terfokus pada pokok permasalahan yakni bagaimana menerapkan teknik appoyando dan teknik tirando dalam permainan gitar untuk mahasiswa minat gitar semester I sendratasik unwira kupang pada lagu sayang go binek melalui metode latihan drill. Dari pokok permasalahan tersebut bisa disimpulkan bahwa tujuan penelitian yakni: menerapkan teknik appoyando dan teknik tirando dalam permainan gitar untuk mahasiswa minat gitar semester I sendratasik unwira kupang pada lagu daerah “sayang Go Binek” melalui metode latihan drill. Penelitian ini bersifat kualitatif data-data diperoleh melalui studi pustaka dan studi lapangan. Data dari lapangan diperoleh melalui teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya menerapkan teknik appoyando dan teknik tirando dalam permainan gitar pada mahasiswa minat gitar semester I sendratasik Unwira kupang ditempuh melalui tiga tahap yaitu: (a). Tahap awal Perekrutan mahasiswa semester I sendratasik minat gitar berjumlah 6 orang, yang terdiri dari 1 orang putri dan 5 orang putra. Dari 6 orang mahasiswa ini penulis membagi lagi menjadi 3 orang mempraktekan teknik appoyando dan 3 orang lagi mempraktekan teknik tirando. Setelah selesai dibagi, penulis menentukan jadwal latihan. (b). Tahap inti Tahap inti disenggarakan dalam 4 kali pertemuan. Dalam tahap ini, penulis menjalankan proses menerapkan teknik appoyando dan teknik tirando dalam memaikan lagu sayang go binek. Pertemuan pertama, peneliti menjelaskan tentang materi dasar pembelajaran gitar dengan baik seperti, posisi duduk saat bermain gitar, penjarian untuk melenturkan jari tangan kanan dan kiri mahasiswa lewat latihan tangga nada D mayor. Pertemuan kedua peneliti menjelaskan pengertian dari teknik appoyando dan teknik tirando dan memberikan latihan dari kedua teknik tersebut yang mana teknik appoyando gitar untuk membunyikan melodo lagu sayang go binek dan teknik tirando mengiringi teknik appoyando. Pertemuan ketiga, peneliti memberikan kembali latihan teknik appoyando dan teknik tirando untuk memantapkan kedua teknik tersebut.Pertemuan keempat, peneliti mempersiapkan pementasan. (c) Tahap akhir Mahasiswa menempilkan hasil dari latihan teknik appoyando dan teknik tirando dalam memainkan lagu sayang go binek yang telah diarransemen oleh peneliti lewat pementasan dan di dokumentasikan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Teknik petikan appoyando dan tknik petikan tirando, gitar, “sayang go binek, metode latihan (drill).
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
M Music and Books on Music > ML Literature of music
M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Musik
Depositing User: S.Kom Sela Mikado
Date Deposited: 16 Nov 2022 00:24
Last Modified: 16 Nov 2022 00:26
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/10061

Actions (login required)

View Item View Item