Upaya Memperkenalkan Ragam Gerak Tarian Tetang Nepe Etnik Suku Tabu Manggarai Timur Kepada Siswa Siswi Minat Tari SMA Sint Carolus Kupang Menggunakan Metode Meniru

DE ROINA, Yuliana Desita Mutiara (2016) Upaya Memperkenalkan Ragam Gerak Tarian Tetang Nepe Etnik Suku Tabu Manggarai Timur Kepada Siswa Siswi Minat Tari SMA Sint Carolus Kupang Menggunakan Metode Meniru. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (437kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (192kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (194kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (98kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (625kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (148kB)

Abstract

SMA Sint Carolus Kupang merupakan sebuah lembaga pendidikan yang juga menerapkan pelajaran seni budaya dalam kegiatan belajar mengajar. Selain itu juga mempunyai kegiatan pengembangan bakat atau ekstrakurikuler di luar kegiatan utama belajar mengajar yang salah satunya adalah seni tari. Dalam kegiatan pembelajaran tersebut, adapun kendala yang dihadapi pendidik yaitu siswa tidak mampu memahami dengan baik apa yang dipelajari karena belum mengenal kebudayaan yang ada di daerahnya sendiri. Berdasarkan laporan tersebut yang menjadi masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana memperkenalkan tarian Tetang Nepe sebagai tarian etnik suku Tabu Manggarai Timur kepada siswa-siswi minat tari SMA Sint Carolus Kupang. tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pengenalan Tetang Nepe sebagai Tarian etnik suku Tabu Manggarai Timur minat tari pada siswa siswi SMA Sint Carolus Kupang menggunakan metode meniru. Dari permasalahan tersebut, peneliti menggunakan metode tindakan lapangan yang dalam hal ini peneliti dapat memaksimalkan untuk memperkenalkan tarian daerah Tetang Nepe salah satunya tarian daerah Manggarai Timur yang dikreasikan kepada siswa –siswi minat tari, sehingga memiliki manfaat bagi pengembangan tarian di Sekolah tersebut. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dalam proses Memperkenalkan Gerak Tari Tetang Nepe Dari Manggarai Timur Melalui Variasi Metode Meniru Pada Siswa-Siswi Minat Tari Di SMA Sint Carolus Kupang, dapat dilakukan dalam beberapa tahap yaitu: Tahap awal,peneliti melakukan observasi,perekrutan anggota kelompok,menjelaskan secara singkat tentang tarian Tetang Nepe,penentuan jadwal latihan, dan memperkenalkan gerak ragam tari Tetang Nepe yang sudah dikreasikan serta dengan pola lantainya. Tahap inti, melatih pola gerak tari Tetang Nepe dari awal hingga akhir yang sudah dikreasikan serta pola lantainya. Tahap akhir, mementaskan tari yang sudah dilatih.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Tari Tetang Nepe, Metode Meniru, dan siswa minat tari, SMA Sint Carolus.
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GN Anthropology
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
M Music and Books on Music > ML Literature of music
P Language and Literature > PN Literature (General) > PN2000 Dramatic representation. The Theater
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Musik
Depositing User: S.Kom Sela Mikado
Date Deposited: 16 Nov 2022 00:57
Last Modified: 16 Nov 2022 00:57
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/10089

Actions (login required)

View Item View Item