Analisis Kepatuhan Pengelolaan Dana Desa Berdasarkan Ketentuan Permendagri No.113 Tahun 2014 (Studi Kasus Pada Desa Alas Kecamatan Kobalima Timur Kabupaten Malaka)

LAKU, David (2018) Analisis Kepatuhan Pengelolaan Dana Desa Berdasarkan Ketentuan Permendagri No.113 Tahun 2014 (Studi Kasus Pada Desa Alas Kecamatan Kobalima Timur Kabupaten Malaka). Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
COVER - ABSTRAK.pdf

Download (946kB)
[img] Text
Bab I.pdf

Download (111kB)
[img] Text
Bab II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (171kB)
[img] Text
Bab III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (98kB)
[img] Text
Bab IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (161kB)
[img] Text
Bab V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (237kB)
[img] Text
Bab VI.pdf

Download (114kB)

Abstract

Rumusan masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah (1) Faktorfaktor apa saja yang menyebabkan ketidakpatuhan Pemerintah Desa Alas dalam mengelola dana desa? (2) Bagaimana dampak ketidakpatuhan Pemerintah Desa Alas dalam mengelola dana desa?. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) Mengetahui faktor-faktor penyebab ketidakpatuhan Pemerintah Desa Alas dalam mengelola dana desa. (2) Mengetahui dampak ketidakpatuhan Pemerintah Desa Alas dalam mengelola dana desa. Sumber data dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, diketahui bahwa: Pertama, faktor-faktor penyebab ketidakpatuhan Pemerintah Desa Alas dalam mengelola dana desa (1) Keterbatasan sumber daya manusia di Desa Alas sangat minim karena semua lulusan pendidikan mayoritas SMA dan SD. (2) Kurangnya pelatihan pengelolaan keuangan desa yang diberikan oleh pihak Kabupaten/Kota dan Provinsi sehingga aparatur desa masih belum memahami pengelolaan keuangan desa dengan baik. (3) Pengalokasian beban kerja, kepala desa memberikan beban kerja kepada aparat desa kurang mempertimbangkan faktor kompentensi yang dimiliki oleh aparat desa, tetapi lebih memperhatikan faktor senioritas. (4) Tidak transparannya penggunaan dana desa. Pemerintah Desa Alas dalam mengelola keuangan desa belum menyediakan media informasi yang dapat dengan mudah diakses oleh masyarakat. Kedua, Dampak ketidakpatuhan Pemerintah Desa Alas dalam mengelola dana desa adalah (1) Terhambatnya pembangunan infrastruktur Desa Alas, yaitu tersendatnya program kerja pelaksanaan pembangunan desa yang ada di tujuh Dusun yaitu pembangunan 18 unit rumah, 10 sumur air minum serta bak penampung air minum. (2) Tidak terlaksananya kegiatan pemberdayaan masyarakat di Desa Alas yaitu salah satu kegiatan adalah pembentukan sepuluh (10) kelompok tani yang sudah ditetapkan Pemerintah Desa untuk beberapa dusun, namum belum bisa dilaksanakan karena terhambatnya pencairan dana desa. Berdasarkan hasil analisis tersebut, maka disarankan: (1) Agar sumber daya manusia di Pemerintah Desa Alas Kecamatan Kobalima Timur Kabupaten Malaka lebih kompeten dan profisional, maka Pemerintah Provinsi dan Kabupaten harus memberikan pelatihan secara teknis serta pendampingan secara kontinyu. (2) Pemerintah Desa Alas seharusnya menyediakan media untuk penyampaian informasi yang dapat dengan mudah di akses oleh seluruh masyarakat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kepatuhan Pengelolaan Dana Desa
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
H Social Sciences > HJ Public Finance
J Political Science > JS Local government Municipal government
K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Ekonomika dan Bisnis > Program Studi Akuntansi
Depositing User: S.Fil Lake Primus Sani
Date Deposited: 16 Nov 2022 01:00
Last Modified: 16 Nov 2022 01:00
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/10091

Actions (login required)

View Item View Item