Evaluasi Karakteristik Arus Lalu Lintas Pada Terminal Bayangan Oesao Kecamatan Kupang Timur Kabupaten Kupang (Lokasi Studi Ruas Jl. Timor Raya STA 27 + 800 – STA 27 + 900)

BEBENGU, Ricko Chrislyanto (2019) Evaluasi Karakteristik Arus Lalu Lintas Pada Terminal Bayangan Oesao Kecamatan Kupang Timur Kabupaten Kupang (Lokasi Studi Ruas Jl. Timor Raya STA 27 + 800 – STA 27 + 900). Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAKSI.pdf

Download (505kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (80kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (132kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (183kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (199kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (125kB)

Abstract

Terminal adalah salah satu komponen dari sistem transportasi yang mempunyai fungsi utama sebagai tempat pemberhentian sementara kendaraan untuk menaikan, dan menurunkan penumpang dan barang, hingga sampai ke tujuan akhir suatu perjalanan, juga sebagai tempat pengendalian, pengawasan, pengaturan dan pengoperasian. Akan tetapi ada pula kehadiran terminal bayangan angkutan umum, terminal bayangan ini sendiri adalah terminal tidak resmi atau tempat perhentian angkutan umum jalan raya di luar terminal resmi, salah satu contohnya yang berada pada Jalan Jalan Timor Raya Oesao STA 27+800 – STA 27+900. Pengaruh dari hadirnya terminal bayangan yang berada pada Jalan Timor Raya Oesao STA 27+800 – STA 27+900 ternyata membawa dampak yang buruk bagi aktivitas lalu lintas yang melewati terminal bayangan tersebut. Aktivitas lalu lintas yang terus meningkat menjadi terganggu karena ruang gerak pada kawasan tersebut menjadi sempit karena kapasitas ruang jalan yang dipakai untuk parkiran angkutan umum, aktivitas pedagang kaki lima, Selain itu aktivitas dibeberapa simpang menjadi terganggu. Berdasarkan hasil analisis pada ruas jalan tersebut yang dijadikan sebagai aktivitas terminal bayangan maka didapatkan nilai volume arus lalu lintas, kapasitas, derajat kejenuhan dan tingkat pelayanan pada ruas jalan tersebut sebagai berikut, Nilai volume arus lalu lintas maksimum terjadi pada jam 08.00 – 09.00 dengan total nilai volume arus lalu lintas 2315.20 smp/jam, Kapasitas yang didapat sebelum dirubah lebar jalan pada ruas jalan Timor Raya Oesao STA 27+800 – STA 27+900 yang dipakai sebagai aktivitas terminal bayangan tersebut adalah 2737.99 smp/jam dan setelah di rubah lebar jalan didapatkan 3101.55 smp/jam Hasil perhitungan unutk derajat kejenuhan saat sebelum diperlebar jalan didapatkan 0.85 dan sesudah diperlebar jalan didapatkan hasil perhitungannya 0.75, Tingkat pelayanan yang didapatkan pada ruas jalan Timor Raya Oesao STA 27+800 – STA 27+900 yang dipakai sebagai aktivitas terminal bayangan tersebut sebelum lebar jalan dirubah adalah E yang artinya buruk dan setelah dirubah lebar jalan didapatkan tingkat pelayanannya C yang artinya baik

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Evaluasi Karakteristik Arus Lalu Lintas Pada Terminal Bayangan
Subjects: T Technology > T Technology (General)
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
T Technology > TF Railroad engineering and operation
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil
Depositing User: S.Fil Lake Primus Sani
Date Deposited: 17 Nov 2022 00:06
Last Modified: 17 Nov 2022 00:06
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/10141

Actions (login required)

View Item View Item