Perencanaan Kolam Retensi Sebagai Alternatif Pengendalian Genangan (Lokasi Studi: Kawasan Kampus Universitas Katolik Widya Mandira Jln. San Juan I, Penfui, Kupang)

RASANG, Paskalis Gonzaves Atap (2019) Perencanaan Kolam Retensi Sebagai Alternatif Pengendalian Genangan (Lokasi Studi: Kawasan Kampus Universitas Katolik Widya Mandira Jln. San Juan I, Penfui, Kupang). Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
01. ABSTRAK.pdf

Download (326kB)
[img] Text
02. BAB I.pdf

Download (94kB)
[img] Text
03. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (645kB)
[img] Text
04. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (143kB)
[img] Text
05. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (662kB)
[img] Text
06. BAB V.pdf

Download (91kB)

Abstract

Universitas Katolik Widya Mandira (UNWIRA) terbagi atas 2 lokasi, yakni terletak di Jl. Jendral Ahmad Yani, NO. 50 – 52, Merdeka, Kota Kupang, serta terletak di Jl. Sanjuan, No. 1, Penfui Timur, Kupang Tengah. Pada penelitian ini yang menjadi lokasi penelitian adalah kampus yang terletak Jl. Sanjuan, No. 1, Penfui Timur, Kupang Tengah, yang memiliki kondisi topografi wilayah yang beragam, yaitu dataran rendah dan tinggi. Pada musim penghujan dengan intensitas hujan yang tinggi biasanya terjadi genangan di beberapa titik di wilayah kampus, seperti di samping Gedung FISIP, di depan Gedung Informatika, dan di depan Gedung FKIP, dan beberapa titik lainnya. Kondisi ini menjadi lebih parah dengan dibangunnya pagar keliling yang menghalangi jalur alamiah air. Hal ini berpotensi menahan aliran air sehingga akan berpeluang menambah tinggi genangan di kemudian hari. Ditambah lagi lokasi tersebut belum memiliki drainase. Salah satu upaya atau metode pengendalian banjir secara struktural adalah kolam retensi. Kolam retensi bertujuan untuk mengatur kelebihan aliran permukaan sehingga dapat terhindar dari bahaya banjir. Mengingat kondisi topografi kampus yang beragam, yaitu rendah dan tinggi, mengakibatkan beberapa titik di area kampus bercekung secara alami, sehingga membentuk kolam retensi alami, namun perlu diketahui kondisi run off agar dapat diketahui dimensi ideal kolam retensi. Dari analisa yang dilakukan didapat dimensi rencana kolam retensi 17 m x 17 m x 2 m.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Drainase, Run Off, Banjir, Intensitas Hujan, Kolam Retensi
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
T Technology > TC Hydraulic engineering. Ocean engineering
T Technology > TH Building construction
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil
Depositing User: S.Fil Lake Primus Sani
Date Deposited: 22 Nov 2022 08:01
Last Modified: 22 Nov 2022 08:01
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/10218

Actions (login required)

View Item View Item