Studi Tentang Kinerja Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Di Kota Kupang

LEYN, Amelia Familia Amnifu (2019) Studi Tentang Kinerja Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Di Kota Kupang. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (569kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (311kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (329kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (222kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (648kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (438kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (217kB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Studi tentang Kinerja Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil di Kota Kupang. ”Masalah pokok dalam penelitian ini adalah Kinerja yang diberikan oleh aparatur pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Kupang. Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui bagaimana Kinerja dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil di Kota Kupang. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori pelayanan publik. Pelayanan publik ialah kegiatan atau rangkaian kegiatan yang dilakukan baik oleh pemerintah, maupun organisasi non pemerintah dalam rangka pemenuhan kebutuhan pelayanan kepada masyarakat yang mengacu pada pada aspek target dan realisasi, prosedur pelayanan, waktu pelayanan, kompetensi pegawai pelayanan serta sarana dan prasarana pendukung Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, sumber data primer adalah para informan sedangkan data sekunder adalah pengumpulan data yang dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisa data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data dan tahap kesimpulan dan verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama target dan realisasi belum mencapai target yang diinginkan dikarenakan masih banyak masyarakat yang belum melakukan perekaman, kurang lengkapnya fasilitas yang disediakan dan ketersediaan blanko yang sedikit dibandingkan dengan jumlah masyarakat yang ada. Kedua prosedur pelayanan pada pengurusan e-KTP belum berkualitas, dimana aparatur Dispenduk Kota Kupang belum melakukan sosialisasi secara keseluruhan kepada masyarakat tentang peryaratan untuk pembuatan e-KTP, sehingga banyak masyarakat yang hendak mengurus e-KTP tidak memahami secara jelas persyaratan yang diberikan. Ketiga waktu penyelesaian, kurangnya disiplin para pegawai terhadap waktu kerja dan tidak konsisten terhadap waktu yang telah ditentukan untuk menyelesaikan setiap pelayanan, hal ini mempengaruhi lambatnya proses pembuatan e-KTP. Keempat kompetensi pegawai dalam memberikan pelayanan, adanya penempatan pegawai oleh atasan tidak sesuai dengan keterampilan yang dimiliki untuk bekerja pada bidang pelayanan yang diembankan kepadanya, hal ini mempengaruhi rendahnya mutu pelayanan yang diberikan. Kelima sarana dan prasarana, ketersediaan sarana dan prasarana yang terbatas yang mempengaruhi rendahnya kinerja pelayanan yang diberikan oleh Dispenduk Kota Kupang. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Kupang belum memberikan pelayanan yang berkualitas kepada masyarakat Kota Kupang dalam kinerja pelayanan tersebut, yang menyebabkan target dan realisasi belum tercapai secara maksimal, prosedur pelayanan yang dijalankan oleh aparatur Dukcapil Kota Kupang belum berjalan secara baik, waktu penyelesaian pelayanan pada setiap loket pelayanan belum berjalan secara efektif, penempatan pegawai oleh atasan tidak sesuai dengan keahlian, sikap atau kepribadian dari pegawai pemberi pelayanan belum bersikap sopan dan ramah serta belum menjalankan pelayanan sepenuh hati, fasilitas pelayanan yang tersedia masih sangat minim. Berdasarkan kesimpulan peneliti memberikan saran (1) bagi pemerintah perlu adanya perhatian khusus bagi aparatur yang belum memiliki keahlian dan keterampilan sesuai dengan tugas dan fungsi pada bidangnya secara berkala. (2) bagi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Kupang perlu melihat dan mendengar keluhan masyarakat, memenuhi permintaan masyarakat dan menyiapkan infrastruktur yang memadai sehingga masyarakat dapat memahami alur pelayanan dan memperoleh kejelasan waktu serta hal-hal yang berkaitan dengan pemberian pelayanan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kinerja Pelayanan Publik, Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP).
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
J Political Science > JS Local government Municipal government
K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Pemerintahan
Depositing User: S.Fil Lake Primus Sani
Date Deposited: 23 Nov 2022 07:25
Last Modified: 23 Nov 2022 07:25
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/10291

Actions (login required)

View Item View Item