Persepsi Pengunjung Telkomsel Corner Tentang Isi Pesan Iklan Layanan Masyarakat ”Hari Gini Pakai Narkoba!! Sorry Lah Ya, Ngaku Gaul Dan Kerent Jauhi Narkoba” (Studi Kasus Media Luar Ruang Bnn Provinsi Ntt)

RETU, Fransiskus Rago (2019) Persepsi Pengunjung Telkomsel Corner Tentang Isi Pesan Iklan Layanan Masyarakat ”Hari Gini Pakai Narkoba!! Sorry Lah Ya, Ngaku Gaul Dan Kerent Jauhi Narkoba” (Studi Kasus Media Luar Ruang Bnn Provinsi Ntt). Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
COVER - ABSTRAK.pdf

Download (960kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (455kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (320kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (316kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (557kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (282kB)
[img] Text
BAB VI - DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (268kB)

Abstract

Perkembangan media saat ini di Provinsi Nusa Tenggara Timur khususnya Kota Kupang mengalami kemajuan yang sangat pesat, media tersebut yaitu media luar ruang (Moving Sign) media ini memiliki fasilitas untuk mengatur waktu, dan juga menampilkan tulisan bergerak atau berjalan, warna yang digunakan untuk menampilkan tulisan juga bervariasi. Landasan konseptual yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Iklan Layanan Masyarakat, Media Luar Ruang, Running Text, Konsep Persepsi dan Faktor-Faktor Persepsi. Konsep pokok Yang akan di teliti dalam penelitian ini berkaitan dengan persepsi para pengunjung Telkomsel Corner. Indikator yang digunakan dalam penelitian ini difokuskan pada isi iklan, media yang digunakan, dan lokasi untuk mengiklankan iklan tersebut. Dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana persepsi pengunjung Telkomsel Corner tentang iklan layanan masyarakat “Hari Gini Pakai Narkoba, Sorry Lah Yaa, Ngaku Gaul dan Keren Jauhi Narkoba”. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui wawancara, observasi, dan mengumpulkan dokumen yang diperlukan seperti data penggunaan narkoba dari BNN Provinsi NTT. Informan dalam penelitian ini berjumlah 7 (tujuh) orang dan dipilih berdasarkan kriteria informan. Defenisi konstruk yang digunakan dalam penelitian ini adalah persepsi para pengunjung Telkomsel Corner. Hasil penelitian menunjukan bahwa para informan memberikan persepsi terhadap tiga indikator yaitu media, isi pesan, dan lokasi. Pada indikator pertama yaitu media ketujuh informan yang mendukung penggunaan media luar ruang tetapi para informan memberikan saran-saran baru terhadap penggunan media, indikator yang kedua isi pesan, para informan memberikan persepsi yang positif bahwa penggunaan narkoba hanya akan merusak masa depan dan sebaiknya masyarakat menjauhi dan tidak menggunakan narkoba, indikator yang ketiga yaitu lokasi, beberapa informan menyetujui lokasi pemasangan running text tersebut tetapi ada juga informan yang menyarankan agar pemasangannya di pasang di pusat kota, lokasi perbelanjaan, dan rumah sakit. Mengacu pada penelitian dan analisa data dapat disimpulkan dari tiga indikator mayoritas para informan atau pengunjung Telkomsel Corner memberikan sikap dukungannya terhadap iklan layanan masyarakat “Hari Gini Pakai Narkoba, Sorry Lah Yaa, Ngaku Gaul dan Keren Jauhi Narkoba”, dukungan ini diberikan karena sikap kepercanyaannya terhadap iklan layanan masyarakat “Hari Gini Pakai Narkoba, Sorry Lah Yaa, Ngaku Gaul dan Keren Jauhi Narkoba” untuk menurunkan angka penggunaan narkoba. BNN Provinsi NTT sebagai pihak yang melakukan inovasi dengan membuat iklan layanan masyarakat ini perlu mengoreksi beberapa kekurangan yang terdapat pada beberapa indikator dalam iklan layanan masyarakat yaitu adanya penyampaian melalui sosialisasi dan kampanye-kampanye, isi iklan yang terdiri dari himbauan dan informasi tentang penggunaan narkoba, dan lokasi pemasangan iklan laya nan masyarakat

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
H Social Sciences > HM Sociology
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
J Political Science > JS Local government Municipal government
K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: S.Fil Lake Primus Sani
Date Deposited: 24 Nov 2022 06:46
Last Modified: 24 Nov 2022 06:46
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/10320

Actions (login required)

View Item View Item