Assesmen Sekolah Dasar (SD)/MI Yang Aman Terhadap Pengaruh Gempa (Tinjauan Kasus Sekolah Dasar (SD)/MI Di Wilayah Kota Kupang)

GALMIN, Methodius H. (2018) Assesmen Sekolah Dasar (SD)/MI Yang Aman Terhadap Pengaruh Gempa (Tinjauan Kasus Sekolah Dasar (SD)/MI Di Wilayah Kota Kupang). Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I LATAR BELAKANG.pdf

Download (81kB)
[img] Text
BAB II REVISI BARU.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III METODE PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (216kB)
[img] Text
BAB IV HASIL PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V PENUTUP.pdf

Download (254kB)

Abstract

Tulisan ini bertujuan untuk memastikan tingkat keamanan sekolah dasar yang telah dikembangkan oleh Pemerintah Kota Kupang sebagai sekolah aman bencana khusus terhadap pengaruh gempa, dengan melakukan penilaian terhadap bangunan sekolah, manajemen, dan lokasi sekolah. Dalam penelitian ini, ada 2 sekolah yang dijadikan sampel penelitian yakni SD GMIT Kolhua dan SDN Beumopu. Dari penelitian yang telah dilakukan diperoleh hasil penilaian masing-masing sekolah yakni Sekolah Dasar GMIT Kolhua: bangunan dinyatakan cukup baik sehingga resiko korban jiwa yang akan ditimbulkan apabila terjadi gempa cukup kecil (resiko sedang) dengan skor hasil analisis sebesar 3,1; lokasi sekolah dinyatakan sangat baik atau tidak memungkinkan terjadinya korban jiwa saat melakukan evakuasi ketika terjadi gempa dengan skor hasil analisis 5,0; manajemen bencana sekolah dinyatakan sangat kurang sehingga menimbulkan potensi korban jiwa yang sangat besar atau tinggi bagi warga sekolah apabila terjadi gempa bumi dengan skor hasil analisis 1,4. Berdasarkan akumulasi hasil analisis terhadap bangunan, manajemen dan lokasi sekolah dikali faktor koreksi, disimpulkan bahwa Sekolah Dasar GMIT Kolhua dinyatakan tidak aman terhadap keselamatan warga sekoah apabila terjadi gempa dengan tingkat resiko “tinggi” (skor hasil analisis 2,3). Sedangkan hasil assesmen Sekolah Dasar Negeri (SDN) Beumopu yakni: bangunan sekolah dinyatakan cukup baik sehingga resiko korban jiwa yang akan ditimbulkan apabila terjadi gempa cukup kecil (resiko sedang) dengan skor hasil analisis sebesar 2,9; lokasi sekolah dinyatakan sangat baik atau tidak memungkinkan terjadinya korban jiwa saat melakukan evakuasi ketika terjadi gempa dengan skor hasil analisis 5,0; manajemen bencana sekolah dinyatakan sangat kurang sehingga menimbulkan potensi korban jiwa yang sangat besar atau tinggi bagi warga sekolah apabila terjadi gempa bumi dengan skor hasil analisis 1,0. Dengan demikian, berdasarkan akumulasi hasil analisis terhadap bangunan, manajemen dan lokasi sekolah dikali faktor koreksi, disimpulkan bahwa Sekolah Dasar Negeri Beumopu dinyatakan tidak aman terhadap keselamatan warga sekoah apabila terjadi gempa dengan tingkat resiko “tinggi” dan skor hasil analisis 2,4.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Assesmen keamanan Bangunan Sekolah, keamanan Mananjemen Bencana Sekolah, keamanan Lokasi Sekolah, Faktor Koreksi, Gempa Bumi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
T Technology > T Technology (General)
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil
Depositing User: S.Fil Lake Primus Sani
Date Deposited: 01 Dec 2022 06:05
Last Modified: 01 Dec 2022 06:05
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/10382

Actions (login required)

View Item View Item