WARU, Alfonsa Astionita (2015) Pengaruh Kreativitas Dan Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Melalui Pendekatan Discovery Learning Pada Materi Pokok Ikatan Kimia Siswa Kelas X SMA N 2 Borong Tahun Pelajaran 2014/2015. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.
Text
ABSTRAK.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (203kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (836kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (340kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (370kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (207kB) |
Abstract
Pendekatan discovery learning adalah suatu pendekatan pembelajaran dimana dalam proses pembelajaran guru melibatkan siswa dalam proses kegiatan mental dalam menemukan sendiri informasi melalui eksperimen dan diskusi serta membaca sendiri sehingga peserta didik lebih aktif dalam proses pembelajaran. Kreativitas merupakan kemampuan yang mencerminkan kelancaran, keluwesan, dan orisinalitas dalam berpikir serta kemampuan untuk mengelaborasi suatu gagasan. Gaya belajar adalah cara yang kompleks di mana para siswa menganggap dan merasa paling efektif dan efisien dalam memproses, menyimpan dan memanggil kembali apa yang telah mereka pelajari. Masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana efektifitas penerapan pendekatan discovery learning terhadap hasil belajar materi pokok ikatan kimia pada siswa kelas X peminatan MIA SMA Negeri 2 Borong Tahun Ajaran 2014/2015? (2) Bagaimana kreativitas siswa terhadap hasil belajar pada siswa kelas X peminatan MIA SMA Negeri 2 Borong Tahun Ajaran 2014/2015? (3) Bagaimana gaya belajar siswa terhadap hasil belajar pada siswa kelas X peminatan MIA SMA Negeri 2 Borong Tahun Ajaran 2014/2015? (4) Adakah hubungan kreativitas dan gaya belajar siswa dalam proses pembelajaran melalui penerapan pendekatan discovery learning terhadap hasil belajar kimia materi pokok ikatan kimia siswa kelas X peminatan MIA SMA Negeri 2 Borong Tahun Pelajaran 2014/2015? (5) Adakah pengaruh kreativitas dan gaya belajar siswa dalam proses pembelajaran melalui penerapan pendekatan discovery learning terhadap hasil belajar kimia materi pokok ikatan kimia siswa kelas X peminatan MIA SMA Negeri 2 Borong Tahun Pelajaran 2014/2015? Berdasarkan rumusan masalah, maka tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah (1) mengetahui efektifitas penerapan pendekatan discovery learning terhadap hasil belajar materi pokok ikatan kimia pada siswa kelas X peminatan MIA SMA Negeri 2 Borong Tahun Ajaran 2014/2015, (2) mengetahui kreativitas siswa terhadap hasil belajar pada siswa kelas X peminatan MIA SMA Negeri 2 Borong Tahun Ajaran 2014/2015, (3) mengetahui gaya belajar siswa terhadap hasil belajar pada siswa kelas X peminatan MIA SMA Negeri 2 Borong Tahun Ajaran 2014/2015 (4) mengetahui hubungan kreativitas dan gaya belajar siswa dalam proses pembelajaran melalui penerapan pendekatan discovery learning terhadap hasil belajar kimia materi pokok ikatan kimia siswa kelas X peminatan MIA SMA Negeri 2 Borong Tahun Pelajaran 2014/2015, (5) mengetahui pengaruh kreativitas dan gaya belajar siswa dalam proses pembelajaran melalui penerapan pendekatan discovery learning terhadap hasil belajar kimia materi pokok ikatan kimia siswa kelas X peminatan MIA SMA Negeri 2 Borong Tahun Pelajaran 2014/2015. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif - asosiatif dengan sampel penelitian siswa/i kelas X peminatan MIA SMA Negeri 2 Borong yang berjumlah 20 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Lembar Kemampuan Guru Dalam Mengelola Pembelajaran, Lembar Observasi dan Lembar Angket Aspek Spiritual (KI-1), Lembar Observasi dan Lembar Angket Aspek Sosial (KI-2), Lembar Tes Hasil Belajar (aspek pengetahuan atau KI-3), Lembar Pengamatan Unjuk Kerja, Lembar Penilaian Portofolio, Lembar penilaian Persentase (Aspek Keterampilan atau KI-4), Lembar Angket Kreativitas Siswa dan Lembar Angket Gaya Belajar. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan analisis statistik. Dari hasil analisis data disimpulkan bahwa: efektifitas penerapan pendekatan discovery learning terhadap hasil belajar materi pokok ikatan kimia pada siswa kelas X peminatan MIA SMA Negeri 2 Borong Tahun Ajaran 2014/2015 yaitu: (1) Kemampuan guru dalam mengelola pelaksanaan pembelajaran termasuk kategori cukup baik dengan skor sebesar 3.25. (2) Ketuntasan IHB (Indikator Hasil Belajar) obsevasi aspek spiritual (KI-1) sebesar 0,92 dan angket aspek spiritual sebesar 0,93. Ketuntasan IHB observasi aspek sosial (KI-2) sebesar 0,94 dan ketuntasan IHB angket aspek sosial sebesar 0,95. Sedangkan ketuntasan IHB aspek pengetahuan (KI-3) sebesar 0,87. Ketuntasan indikator aspek keterampilan (KI-4) yang meliputi indikator unjuk kerja sebesar 0,85, dan indikator portofolio sebesar 0,94. Ketuntasan hasil belajar meliputi: (1) ketuntasan hasil belajar aspek spiritual (KI-1) sebesar 92, (2) Ketuntasan hasil belajar aspek sosial (KI-2) sebesar 94, (3) Ketuntasan hasil belajar pengetahuan (KI-3) sebesar 89,85, (4) Ketuntasan hasil belajar aspek keterampilan (KI-4) sebesar 91,35 dan (5) Rata-rata ketuntasan hasil belajar secara keseluruhan sebesar 91. Rata-rata angket kreativitas siswa adalah 75,4% berada pada klasifikasi rata-rata (normal), sedangkan rata-rata angket gaya belajar sebesar 83,2%. Terdapat hubungan (rx1,x2) yang kuat antara kreativitas dan gaya belajar siswa terhadap hasil belajar siswa dimana FHitung ≥ FTabel dengan f hitung = 11,24 dan f tabel = 2,87 dan nilai r=0,75 dengan kriteria kuat, maka Ha diterima dan H0 ditolak. (8) Terdapat pengaruh antara kepercayaan diri siswa terhadap hasil belajar siswa dimana nilai FHitung ≥ FTabel dengan f hitung = 87,21 dan f tabel = 32,3. Dari uraian di atas, maka dapat disimpulkan bahwa pendekatan discovery learning baik untuk diterapkan pada siswa kelas X peminatan MIA SMA Negeri 2 Borong materi pokok ikatan kimia.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kreativitas, Gaya belajar, Pendekatan Discovery Learning |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Kimia |
Depositing User: | S.Kom Sela Mikado |
Date Deposited: | 12 Dec 2022 03:20 |
Last Modified: | 12 Dec 2022 03:20 |
URI: | http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/10611 |
Actions (login required)
View Item |