MAULIKU, Citrakasih H. D. (2015) Komunikasi Nonverbal Kinesik dalam Video Bahasa Isyarat yang Digunakan Sebagai Alat Bantu Pelajaran Alkitab Bagi Tunarungu di Komunitas Bahasa Isyarat Kupang. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.
Text
ABSTRAK.pdf Download (781kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (775kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (788kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (773kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (780kB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (940kB) |
|
Text
BAB VI.pdf Download (762kB) |
Abstract
Tunarungu memiliki kebutuhan khusus dalam hal berkomunikasi. Kondisi demikian tidak membuat kebutuhan rohani kaum ini terabaikan. Secara sukarela Komunitas Bahasa Isyarat (KBI) Kupang, bersedia membantu para tunarungu untuk memenuhi salah satu kebutuhan dasar ini, melalui pelajaran Alkitab dengan alat bantu video bahasa isyarat. Inilah titik awal peneliti tertarik untuk meninjau bagaimana komunikasi nonverbal kinesik dalam video bahasa isyarat yang digunakan sebagai alat pelajaran Alkitab bagi tunarungu di Komunitas Bahasa Isyarat Kupang. Penelitian ini dilandasi beberapa konsep. Pertama terkait Komunikasi Nonverbal secara umum, kemudian dipersempit dalam lingkup Komunikasi Nonverbal Kinesik. Lalu konsep terkait Bahasa Isyarat, Pengertian dan Jenis Video, Pengertian Alkitab, serta Pengertian dan Karakteristik Tunarungu. Selain itu, peneliti juga menggunakan Teori Kinesik yang dikemukakan Birdwhistell. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan metode studi kasus. Peneliti memilih seri video bahasa isyarat “Dengarkanlah Allah Agar Hidup Selamanya” sebagai satuan kajian penelitian, dengan sampel pelajaran 10 dan 11. Konstruk dalam penelitian ini adalah 5 jenis kinesik yakni, emblem, illustrator, adaptor, regulator dan affect display. Dalam penelitian, peneliti mendapati hal-hal unik dari setiap aspek kode kinesik. Emblem,peneliti mendapati ada juga terjemahan pesan verbal (emblem) yang memiliki makna bersifat universal. Illustrator, konsep-konsep dijelaskan ke dalam perincian yang detail, yang merupakan realita dalam kehidupan sehari-hari yang dapat teramati para tunarungu, sehingga semakin membantu para tunarungu untuk memahami. Adaptor, Peneliti mendapati satu hal menarik khususnya dalam penerapan alter adaptor. Peraga menempatkan diri sebagai dua orang secara bergantian agar menunjukkan dengan jelas bahwa gerakan-gerakan tersebut ditujukan kepada orang lain. Regulator, kontak mata membantu para pelajar tidak mudah jenuh tetapi sebaliknya dapat menikmati pelajaran, bahkan sebagaimana sedang menikmati sebuah percakapan. Affect Display adanya kombinasi raut wajah maupun gerakan-gerakan tangan untuk mengekspresikan perasaan. Berdasar hasil penelitian yang telah dianalisis dan diinterpretasikan, peneliti menarik kesimpulan bahwa dalam video bahasa isyarat yang digunakan Komunitas Bahasa Isyarat Kupang sebagai alat bantu pelajaran Alkitab bagi tunarungu, pesan disampaikan dengan mengoptimalkan penerapan emblem, illustrator, adaptor, regulator dan affect display. Dalam menyampaikan suatu pesan, peraga tidak hanya menggunakan satu jenis kode kinesik. Peraga senantiasa mengoptimalisasikan penerapan kode-kode ini dengan mengkombinasikannya satu dengan yang lain. Dengan adanya kombinasi ini isi pesan yang hendak disampaikan semakin jelas dan dipertegas. Ini membantu para tunarungu dapat cepat menangkap dan memahami isi pesan yang hendak disampaikan sehingga mendorong tercapainya komunikasi yang efektif dan lebih jauh lagi membantu para tunarungu mempelajari Alkitab.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion B Philosophy. Psychology. Religion > BS The Bible H Social Sciences > HE Transportation and Communications H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | S.Kom Sela Mikado |
Date Deposited: | 12 Dec 2022 05:10 |
Last Modified: | 12 Dec 2022 05:10 |
URI: | http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/10676 |
Actions (login required)
View Item |