Pengaruh Kemampuan Keterampilan Proses dan Kreativitas Non Aptitude Terhadap Hasil Belajar Kimia dengan Menerapkan Pendekatan Discovery Learning Pada Materi Pokok Larutan Elektrolit Dan Non Elektrolit Siswa Kelas XA SMA Negeri 6 Kupang

SUGIARJO, Sebastianus (2016) Pengaruh Kemampuan Keterampilan Proses dan Kreativitas Non Aptitude Terhadap Hasil Belajar Kimia dengan Menerapkan Pendekatan Discovery Learning Pada Materi Pokok Larutan Elektrolit Dan Non Elektrolit Siswa Kelas XA SMA Negeri 6 Kupang. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (889kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (311kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (463kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (687kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (359kB)

Abstract

Discovery learning merupakan komponen dari praktek pendidikan yang meliputi metode mengajar yang memajukan cara belajar aktif, berorientasi pada proses, mengarahkan sendiri dan reflektif. Masalah utama dalam penelitian ini adalah bagaimana pengaruh kemampuan keterampilan proses dan kreativitas non aptitude terhadap hasil belajar kimia dengan menerapkan pendekatan discovery learning pada materi pokok larutan elektrolit dan non elektrolit siswa kelas XA SMA Negeri 6 Kupang? Secara spesifik, masalah ini dapat dirumuskan sebagai berikut 1) Bagaimana efektifitas pembelajaran dengan menggunakan pendekatan Discovery Learning meliputi bagaimana kemampuan guru, bagaimana ketuntasan indikator dan bagaimana hasil belajar dengan menerapkan pendekatan Discovery Learning, 2) Bagaimana kemampuan keterampilan proses peserta didik, 3) Bagaimana kreativitas non aptitude Siswa, 4) Adakah hubungan ketrampilan proses terhadap hasil belajar peserta didik dalam penerapan pendekatan Discovery Learning, 5) Adakah hubungan kreativitas non aptitude terhadap hasil belajar peserta didik dalam penerapan pendekatan Discovery Learning, 6) Adakah hubungan keterampilan proses dan kreativitas non aptitude terhadap hasil belajar peserta didik dalam penerapan pendekatan Discovery Learning, 7) Adakah pengaruh ketrampilan proses terhadap hasil belajar peserta didik yang menerapkan pendekatan Discovery Learning,8) Adakah pengaruh kreativitas non aptitude terhadap hasil belajar peserta didik yang menerapkan pendekatan Discovery Learning 8) Adakah pengaruh keterampilan proses dan kreativitas non aptitude terhadap hasil belajar peserta didik yang menerapkan pendekatan Discovery Learning. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan mengasosiasi pengaruh kemampuan keterampilan proses dan kreativitas non aptitude terhadap hasil belajar kimia dengan menerapkan pendekatan discovery learning pada materi pokok larutan elektrolit dan non elektrolit siswa kelas XA SMA Negeri 6 Kupang tahun ajaran 2015/2016. Jenis penelitian ini termasuk penelitian deskriptif dan asosiatif, subyek penelitian dalam penelitian ini adalah Subyek dari penelitian ini adalah guru kimia dalam hal ini peneliti dan siswa kelas XA SMAN 6 Kupang tahun ajaran 2015/2016 yang berjumlah 28 orang, perangkat dan instrumen pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah Silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Bahan Ajar Siswa (BAS), Lembar Kerja Siswa (LKS), Lembar Diskusi Siswa (LDS), Kuis, Tugas, Ulangan dan kunci jawaban, Kisi-kisi dan lembar observasi sikap spiritual (KI 1), Kisi-kisi dan lembar angket penilaian diri sikap spiritual (KI 1), Kisi-kisi dan lembar observasi sikap sosial (KI 2), Kisi-kisi dan lembar angket penilaian diri sikap sosial (KI 2), Kisi-kisi dan THB, Kisi-kisi dan lembar observasi aspek psikomotor (KI 4), Kisi-kisi dan lembar penilaian laporan (KI 4), Kisi-kisi dan lembar penilaian presentasi (KI 4), Kisi-kisi dan soal test keterampilan proses, Kisi-kisi dan angket kreativitas non aptitude siswa, Lembar pengamatan kemampuan guru mengelola pembelajaran Discovery Learning. Dari hasil analisis deskriptif diperoleh guru mampu mengelolah pembelajaran yakni perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi pembelajaran ditunjukkan oleh skor rata-rata 3,73 termasuk dalam kategori baik. Sedangkan Ketuntasan Hasil Belajar secara keseluruhan nilai akhir yang diperoleh peserta didik dengan rata-rata sebesar 87 dan dinyatakan Tuntas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Proses, Kreativitas Non Aptitude, Discovery Learning, Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: S.Kom Sela Mikado
Date Deposited: 19 Dec 2022 06:32
Last Modified: 19 Dec 2022 06:32
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/10796

Actions (login required)

View Item View Item