Pengaruh Kemampuan Numerik dan Kemampuan Verbal Terhadap Hasil Belajar Kimia dengan Menerapkan Pendekatan Inkuiri Terbimbing Pada Materi Pokok Larutan Penyangga Peserta Didik Kelas XI IPA SMAK Sint Carolus Penfui-Kupang Tahun Pelajaran 2015/2016

NANGKU, Marsianus Satrio (2016) Pengaruh Kemampuan Numerik dan Kemampuan Verbal Terhadap Hasil Belajar Kimia dengan Menerapkan Pendekatan Inkuiri Terbimbing Pada Materi Pokok Larutan Penyangga Peserta Didik Kelas XI IPA SMAK Sint Carolus Penfui-Kupang Tahun Pelajaran 2015/2016. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (269kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (49kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (215kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (186kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (331kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (82kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh fakta empirik dalam proses belajar mengajar maupun hasil observasi dan wawancara yang dilakukan oleh peneliti di SMAK Sint Carolus Penfui-Kupang. Pendekatan inkuiri merupakan suatu teknik atau strategi pembelajaran yang digunakan guru untuk merangsang peserta didik untuk lebih aktif mencari, meneliti serta menemukan sendiri pemecahan masalah tentang pengetahuan yang sedang dipelajari. Tujuan dari Penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui efektifitas pendekatan inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar kimia pada materi pokok larutan penyangga peserta didik kelas XI IPA SMAK Sint Carolus Penfui-Kupang tahun ajaran 2015/2016. (2) Untuk mengetahui kemampuan numerik dan kemampuan verbal peserta didik kelas XI IPA SMAK Sint Carolus Penfui-Kupang. (3) Untuk mengetahui ada tidaknya hubungan kemampuan numerik dan kemampuan verbal dengan hasil belajar peserta didik kelas XI IPA SMAK Sint Carolus Penfui-Kupang. (4) Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh kemampuan numerik dan kemampuan verbal terhadap hasil belajar peserta didik kelas XI IPA SMAK Sint Carolus Penfui-Kupang. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif dan asosiatif. Populasi dan sampel adalah peserta didik kelas XI IPA SMAK Sint Carolus Penfui-Kupang tahun pelajaran 2015/2016. Instrumen yang digunakan adalah lembar pengamatan kemampuan guru mengelolah pembelajaran, lembar observasi dan angket penilaian diri sikap spiritual (KI 1) dan sikap sosial (KI 2), tes hasil belajar berupa kuis, tugas dan ulangan untuk aspek pengetahuan (KI 3), lembar observasi psikomotor, presentasi dan lembar penilaian portofolio untuk aspek ketrampilan (KI 4), soal tes kemampuan numerik dan soal tes kemampuan verbal. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa: (1) Pendekatan inkuiri terbimbing efektif terhadap hasil belajar kimia pada materi pokok larutan penyangga peserta didik kelas XI IPA SMAK Sint Carolus Penfui-Kupang tahun ajaran 2015/2016. (2a) Ada hubungan yang signifikan antara kemampuan numerik dengan hasil belajar peserta didik dengan menerapkan pendekatan inkuiri terbimbing pada materi pokok larutan penyangga dengan korelasi pearson product moment (r) 0,361 yang masuk dalam tingkat hubungan yang rendah dan memberi kontribusi sebesar 13%. (2b) Ada hubungan yang signifikan antara kemampuan verbal dengan hasil belajar kimia dengan menerapkan pendekatan inkuiri terbimbing pada materi pokok larutan penyangga dengan korelasi pearson product moment (r) 0,43 yang masuk dalam tingkat hubungan yang cukup kuat dan memberi kontribusi sebesar 18,49 %. (2c) Ada hubungan yang signifikan antara kemampuan numerik dan kemampuan verbal peserta didik dengan hasil belajar kimia dengan menerapkan pendekatan inkuiri terbimbing pada materi pokok larutan penyangga dengan korelasi 0,544 yang masuk dalam tingkat hubungan yang cukup kuat dan memberi kontribusi sebesar 29,38 %. (3a) Ada pengaruh kemampuan numerik yang signifikan terhadap hasil belajar peserta didik dengan menerapkan pendekatan inkuiri terbimbing pada materi pokok larutan penyangga dengan persamaan regresi yang diperoleh Y =a+bX1= 79,458+ 0,113 X1 . (3b) Ada pengaruh kemampuan verbal yang signifikan terhadap hasil belajar kimia dengan menerapkan pendekatan inkuiri terbimbing pada materi pokok larutan penyangga dengan persamaan regresi yang diperoleh Y =a+bX2= 73,549+ 0,183 X2 . (3c) Ada pengaruh kemampuan numerik dan kemampuan verbal peserta didik yang signifikan terhadap hasil belajar kimia dengan menerapkan pendekatan inkuiri terbimbing pada materi pokok larutan penyangga dengan nilai regresi 0,544 dan memberikan kontribusi terhadap hasil belajar sebesar 29,38% dengan persamaan regresi Y =a+b1X1+b2X2=66,91+0,103 X1+0,174 X2 .

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Numerik, Kemampuan Verbal, Pendekatan Inkuiri Terbimbing, Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: S.Kom Sela Mikado
Date Deposited: 10 Jan 2023 06:16
Last Modified: 10 Jan 2023 06:16
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/10808

Actions (login required)

View Item View Item