Strategi Komunikasi Pemasaran Dalam Meningkatkan Penjualan Menggunakan Media Sosial Instagram (Studi Kasus Pada Online Shop @Uchashop.Kupang)

WUNGA, Elisabeth Rosariani Matilda (2023) Strategi Komunikasi Pemasaran Dalam Meningkatkan Penjualan Menggunakan Media Sosial Instagram (Studi Kasus Pada Online Shop @Uchashop.Kupang). Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (747kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (483kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (380kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (235kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (638kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (116kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (113kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Strategi Komunikasi Pemasaran dalamm Meningkatkan Penjualan Menggunakan Media Sosial Instagram” (Studi Kasus Pada Online Shop @Uchashop.Kupang) menarik untuk diteliti karena melihat perubahan yang cukup signifikan antara sebelum menggunakan Instagram dan menggunakan aplikasi Whatsapp untuk melakukan penjualan dan setelah menggunakan aplikasi instagram. Penelitian ini menggunakan metode penelitian studi kasus kualitatif, jenis penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, studi dokumen dan observasi.Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis kualitatif yang meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil wawancara, penjualan mengalami kenaikan secara signifikan melebihi hasil dari metode penjualan yang sebelumnya. Hasil yang diperoleh ini merupakan dampak dari perubahan cara mempromosikan produk. Perubahan cara promosi dan penggunaan fitur instagram yang lebih memadai untuk menjangkau lebih banyak konsumen, membantu owner online shop @Uchashop.Kupang untuk meningkatkan hasil penjualan. Berdasarkan hasil analisis, Owner menggunakan strategi komunikasi pemasaran promosi penjualan untuk lebih memperkenalkan penjualannya dengan menggunakan endors, penempatan hasil penjualan produk pada story dan hightlight profil instagram. Tidak hanya menggunakan strategi komunikasi pemasaran promosi penjualan, owner juga menggunakan strategi komunikasi pemasaran Digital Interactive Marketing yang diterapkan pada fitur instagram direct message dalam hal berkomunikasi dengan pelanggan. Berdasarkan penelitian yang sudah dilakukan peneliti dapat menyimpulkan bahwa penggunaan kedua strategi ini yaitu Promosi penjualan dan Direct Interactive Marketing pada media sosial Instagram akun online shoop @Uchashop.Kupang, berpengaruh sekali terhadap online shop dan peningkatan hasil penjualan. Peneliti juga memberikan saran, dengan berhasilnya penerapan strategi ini, peneliti berharap agar owner lebih memperluas ranah jual tidak hanya sepatu dan sandal saja melainnkan bisa dikembangkan ke pakaian dll karena dilihat dari kepercayaan dan minat beli followers yang cukup tinggi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Strategi Komunikasi Pemasaran, Instagram, Online shop @Uchashop.Kupang
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HE Transportation and Communications
H Social Sciences > HJ Public Finance
H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races
H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: S.I.Kom Elisabeth Rosariani Matilda Wunga
Date Deposited: 06 Feb 2023 02:55
Last Modified: 06 Feb 2023 02:55
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/11138

Actions (login required)

View Item View Item