Uji Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization Terhadap Hasil Belajar Ipa Biologi Siswa Kelas VIII Pada Materi Pokok Gerak Pada Tumbuhan Di SMP Surya Mandala Kupang Tahun Ajaran 2016/2017

NONO, Veronika G. W. (2017) Uji Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization Terhadap Hasil Belajar Ipa Biologi Siswa Kelas VIII Pada Materi Pokok Gerak Pada Tumbuhan Di SMP Surya Mandala Kupang Tahun Ajaran 2016/2017. Diploma thesis, Unika Widya Mandira.

[img] Text
COVER.pdf

Download (526kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (87kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (475kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (204kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (262kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (98kB)

Abstract

Masalah pokok dalam penelitian ini adalah. banyak siswa mengeluh karena kurang mampu menyerap informasi pembelajaran yang diberikan guru, terutama pada materi sistem gerak pada tumbuhan. Mereka cenderung belum mampu menguasai materi gerak pada tumbuhan dengan baik, dikarenakan guru lebih sering memberikan catatan atau teori lebih banyak dibandingkan praktek. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan model pembelajaran kooperatif melalui pendekatan Team Assisted Individualization terhadap hasil belajar siswa kelas VIII pada materi pokok Gerak Pada Tumbuhan di SMP Surya Mandala Kupang Tahun Ajaran 2016/2017. Subjek dalam penelitian ini siswa kelas VIII SMP Surya Mandala Kupang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pra eksperimen, dengan desain penelitian one- group pretes-postest design. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, dan tes. Hasil penelitian dianalisis dengan statistik deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ketuntasan belajar siswa menunjukan rata- rata ketuntasan perindividu 80 dan secara klasikal 85%. Rata-rata proporsi indikator 0,80, dan sensitivitas butir soal 0,41≥0,30 sehingga mempunyai efek dalam pembelajaran. Dari hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif melalui pendekatan Team Assisted Individualization efektif terhadap hasil belajar siswa kelas VIII pada materi pokok Gerak Pada Tumbuhan di SMP Surya Mandala Kupang Tahun Ajaran 2016/2017.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Pendekatan Team Assisted Individualization, Materi Pokok Gerak Pada Tumbuhan, Hasil Belajar Sisw
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Andreas M. Pati
Date Deposited: 06 Jan 2020 02:51
Last Modified: 06 Jan 2020 02:51
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/1135

Actions (login required)

View Item View Item