GELE, Dominika (2018) Peningkatan Kemampuan Membaca Solmisasi Bagi Siswa-Siswi Kelas VIII SMP Timpolmas Kupang Melalui Metode Solfegio Sebagai Kegiatan Ekstrakulikuler. Diploma thesis, Unika Widya Mandira.
Text
Cover_Abstrak_Migel.pdf Download (617kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (99kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (241kB) |
|
Text
BAB III.pdf Download (101kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Download (754kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (409kB) |
Abstract
Realita yang terjadi pada Kelas VIII SMP Timpolmas Kupang ialah peserta didik hanya dapat bernyanyi dengan baik apabila peserta didik langsung bernyanyi dengan menggunakan kata-kata.Faktor penyebab yakni peserta didik tidak memiliki kemampuan membaca notasi secara mandiri. Permasalahan yang diangkat pada penelitian ini yakni bagaimana upaya yang dilakukan untuk meningakatkan kemampuan membaca solmisasi bagi siswa-siswi kelas VIII SMP Timpolmas Kupang. Tujuan penulisan ini adalah untuk mengetahui upaya yang dilakukan guru untuk meningkatkan kemampuan membaca solmisasi bagi siswa-siswi kelas VIII SMP Timpolmas Kupang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Metode yang digunakan adalah tindakan lapangan. Dalam pengumpulan data penulis menggunakan teknik yaitu studi pustaka dan studi lapangan yang terdiri dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa:metode yang digunakan dalam peningkatan membaca solmisasi bagi siswa-siswi kelas VIII SMP Timpolmas Kupang adalah menggunakan metode solfegio yaitu dengan cara guru melatih kemampuan pendengaran siswa, ketepatan membaca notasi dan menyanyi. Upaya peningkatkan membaca solmisasi bagi siswa-siswi kelas VIII SMP Timpolmas Kupang dilakukan melalui beberapa tahap yaitu tahap awal peneliti melakukan wawancara dengan guru seni budaya dan kepala sekolah sekaligus permintaan diijinkan siswa-siswi kelas VIII mengikuti kegiatan bernyanyi dengan materi membaca notasi, tahap inti proses latihan untuk meningkatkan kemampuan membaca solmisasi melalui metode solfegio yang difokuskan pada kegiatan mendengar, membaca dan beryanyi. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa upaya meningkatkan kemampuan membaca solmisasi melalui metode solfegio membawa perubahan pada cara bernyanyi peserta didik kelas VIII SMP Timpolmas Kupang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini dapat membantu peserta didik mengembangkan kemampuan yang mereka miliki agar dapat menjadi bekal pengetahuan di hari esok.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | SMP Timpolmas, membaca, solmisasi, metode solfegio, ekstrakulikuler dan peningkatan. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools M Music and Books on Music > M Music |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Musik |
Depositing User: | Andreas M. Pati |
Date Deposited: | 07 Jan 2020 02:49 |
Last Modified: | 07 Jan 2020 02:49 |
URI: | http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/1147 |
Actions (login required)
View Item |