Pengaruh Sikap Ilmiah Dan Kemampuan Analisis Terhadap Hasil Belajar Kimia Dengan Menerapkan Pendekatan Discovery Learning Pada Materi Pokok Laju Reaksi Kelas XI MIA 1 SMA Negeri Kupang Tengah Tahun Pelajaran 2018/2019

PEHANG, Yulia C. P. B. (2019) Pengaruh Sikap Ilmiah Dan Kemampuan Analisis Terhadap Hasil Belajar Kimia Dengan Menerapkan Pendekatan Discovery Learning Pada Materi Pokok Laju Reaksi Kelas XI MIA 1 SMA Negeri Kupang Tengah Tahun Pelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK CLAUDYA.pdf

Download (346kB)
[img] Text
BAB I claudya fix.pdf

Download (160kB)
[img] Text
BAB II claudya fix.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (418kB)
[img] Text
BAB III claudya fix.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (304kB)
[img] Text
BAB IV claudya fix.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (493kB)
[img] Text
BAB V claudya fix.pdf

Download (46kB)

Abstract

Pendekatan Discovery Learning mengacu pada belajar kelompok siswa, masing-masing anggota memiliki bagian tugas (pertanyaan) dengan nomor yang berbeda-beda. Tujuan dari penelitian ini adalah (1)Untuk mengetahui efektifitas penerapan pendekatan Discovery Learning terhadap hasil belajar kimia pada materi pokok laju reaksi peserta didik kelas XI MIA 1 SMA Negeri 1 kupang Tengah tahun ajaran 2018/2019.(2)Untuk mengetahui sikap ilmiah peserta didik kelas XI MIA 1 SMA Negeri 1 Kupang Tengah tahun ajaran 2018/2019.(3) Untuk mengetahui kemampuan analisis peserta didik kelas XI MIA 1 SMA Negeri 1 Kupang Tengah tahun ajaran 2018/2019.(4)(a)mengetahui ada tidaknya hubungan yang signifikan antara sikap ilmiah dengan hasil belajar siswa dalam pendekatan Discovery Learning pada materi pokok laju reaksi peserta didik kelas XI MIA 1 SMA Negeri 1 Kupang Tengah tahun ajaran 2018/2019.(b)mengetahui ada tidaknya hubungan yang signifikan antara kemampuan analisis dengan hasil belajar kimia dalam penerapan pendekatan Discovery Learning pada materi pokok laju reaksi peserta didik kelas XI MIA 1 SMA Negeri 1 Kupang Tengah tahun ajaran 2018/2019.(c)mengetahui ada tidaknya hubungan yang signifikan antara sikap ilmiah dan kemampuan analisis terhadap hasil belajar kimia dalam penerapan pendekatan Discovery Learning pada materi pokok laju reaksi peserta didik kelas XI MIA 1 SMA Negeri 1 Kupang Tengah tahun ajaran 2018/2019.(5)(a)mengetahui pengaruh yang signifikan antara sikap ilmiah dengan hasil belajar kimia dalam penerapan pendekatan Discovery Learning pada materi pokok laju reaksi peserta didik kelas XI MIA 1 SMA Negeri 1 Kupang Tengah tahun ajaran 2018/2019.(b)mengetahui pengaruh yang signifikan antara kemampuan analisis dengan hasil belajar peserta didik dalam penerapan pendekatan Discovery Learning pada materi pokok laju reaksi peserta didik kelas XI MIA 1 SMA Negeri 1 Kupang Tengah tahun ajaran 2018/2019.(c)mengetahui pengaruh yang signifikan antara sikap ilmiah dan kemampuan analisis dengan hasil belajar peserta didik dalam penerapan pendekatan Discovery Learning pada materi pokok laju reaksi peserta didik kelas XI MIA 1 SMA Negeri 1 Kupang Tengah tahun ajaran 2018/2019. Sampel dari penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIA 1 SMA Negeri 1 Kupang Tengah tahun pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dan assosiatif. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan analisis statistik. Dari Analisis data dipeoleh:(1) Penerapan pendekatan Discovery Learning efektif pada materi pokok laju reaksi peserta didik kelas XI MIA 1 SMA Negeri 1 Kupang Tengah.(2)Sikap ilmiah peserta didik kelas XI MIA 1 Negeri 1 Kupang, dinyatakan baik dengan presentasi rata-rata 83%.(3)Kemampuan analisis peserta didik kelas XI MIA 1 SMA Negeri 1 Kupang Tengah baik dengan nilai rata-rata 83.(4)Ada hubungan antara sikap ilmiah dan kemampuan analisis terhadap hasil belajar peserta didik yang menerapkan pendekatan Discovery Learning pada materi pokok laju reaksi peserta didik kelas XI MIA 1 SMA Negeri 1 Kupang Tengah tahun ajaran 2018/2019 yang ditunjukan dengan nilai koefisien korelasi (rx1x2y) = 0.977 dan nilai koefisien determinansi (D) = 42.46%, serta nilai atau 14,500 3,294.(5)Ada pengaruh antara sikap ilmiah dan kemampuan analisis terhadap hasil belajar peserta didik yang menerapkan pendekatan Discovery Learning pada materi pokok laju reaksi peserta didik kelas XI MIA 1 SMA Negeri 1 Kupang Tengah tahun ajaran 2018/2019, dengan hasil penelitian menunjukan pengaruh sikap ilmiah dan kemampuan analisis terhadap hasil belajar peserta didik diterangkan oleh persamaan regresinya Ŷ = 2,312 + 0,561(X1)+ 0,458(X2) dan nilai F hitung F tabel atau 13,99 2,366.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Sikap ilmiah, Kemampuan analisis, Pendekatan Discovery Learning, Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: S.Fil Lake Primus Sani
Date Deposited: 16 Feb 2023 06:39
Last Modified: 16 Feb 2023 06:39
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/11586

Actions (login required)

View Item View Item