Pengaruh Tanggung Jawab Dan Kemampuan Penalaran Formal Terhadap Hasil Belajar Pengetahuan Dan Keterampilan Dengan Menerapkan Pendekatan Saintifik Pada Materi Pokok Hukum-Hukum Dasar Kimia Pada Peserta Didik Kelas X MIPA 6 SMA Negeri 7 Kupang Tahun Pelajaran 2018/2019

JENI, Ermina (2019) Pengaruh Tanggung Jawab Dan Kemampuan Penalaran Formal Terhadap Hasil Belajar Pengetahuan Dan Keterampilan Dengan Menerapkan Pendekatan Saintifik Pada Materi Pokok Hukum-Hukum Dasar Kimia Pada Peserta Didik Kelas X MIPA 6 SMA Negeri 7 Kupang Tahun Pelajaran 2018/2019. Diploma thesis, Unika Widya Mandira.

[img] Text
COVER.pdf

Download (373kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (464kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (223kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (257kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (377kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (638kB)

Abstract

Tanggung jawab merupakan proses yang mencerminkan sikap dan perilaku seseorang untuk melaksanakan tugas dan kewajibannya, yang seharusnya di lakukan.Kemampuan penalaran formal adalah cara berpikir logis dan analitik dalam menarik suatu kesimpulan. Pendekatan saintifik merupakan suatu pendekatan pembelajaran berpusat pada peserta didik secara aktif menguasai konsep, hukum atau prinsip, melalui tahapan-tahapan kegiatan seperti mengamati, menanya,mencoba, menalar dan menyaji atau mengkomunikasikan. Masalah pokok dalam penelitian ini adalah (1)Bagaimana efektifitas penerapan pendekatan saintifik materi pokok hukum-hukum dasar kimia pada peserta didik kelas X MIPA 6 SMA Negeri 7 Kupang tahun pelajaran 2018/2019? (2) Bagaimana tanggung jawab peserta didik kelas X MIPA 6 SMA Negeri 7 Kupang tahun pelajaran 2018/2019? (3) Bagaimana kemampuan penalaran formal peserta didik kelas X MIPA 6 SMA Negeri 7 Kupang tahun pelajaran 2018/2019? (4) Adakah hubungan tanggung jawab dan kemampuan penalaran formal dengan hasil belajar pengetahuan dan hasil belajar keterampilan dengan menerapkan pendekatan saintifik materi hukum-hukum dasar kimia pada peserta didik kelas X MIPA 6 SMA Negeri 7 Kupang tahun pelajaran 2018/2019? (5) Adakah pengaruh tanggung jawab dan kemampuan penalaran formal terhadap hasil belajar pengetahuan dan hasil belajar keterampilan dengan menerapkan pendekatan saintifik materi hukum-hukum dasar kimia pada peserta didik kelas X MIPA 6 SMAx Negeri 7 Kupang tahun pelajaran 2018/2019?. Tujuan utama dari penelitian ini adalah (1) Mengetahui ada tidaknya efektifitas penerapan pendekatan saintifik materi hukum-hukum dasar kimia pada peserta didik kelas X MIPA 6 SMA Negeri 7 Kupang tahun pelajaran 2018/2019 (2) Mengetahui ada tidaknya tanggung jawab peserta didik kelas pendekatan saintifik materi hukum-hukum dasar kimia pada peserta didik kelas X MIPA 6 SMA Negeri 7 Kupang tahun pelajaran 2018/2019 (3) Mengetahuii ada tidaknya kemampuan penalaran formal pendekatan saintifik materi hukum-hukum dasar kimia pada peserta didik kelas X MIPA 6 SMA Negeri 7 Kupang tahun pelajaran 2018/2019 (4) Mengetahui ada tidaknya hubungan tanggung jawab dan kemampuan penalaran formal dengan hasil belajar pengetahuan dan hasil belajar keterampilan dengan menerapkan pendekatan saintifik materi pokok hukum-hukum dasar kimia pada peserta didik kelas X MIPA 6 SMA Negeri 7 Kupang tahun pelajaran 2018/2019 (5) Mengetahui ada tidaknya pengaruh tanggung jawab dan kemampuanpenalaran formal terhadap hasil belajar pengetahuan dan hasil belajar keterampilan pendekatan saintifik materi pokok hukum-hukum dasar kimia pada peserta didik kelas X MIPA 6 SMA Negeri 7 Kupang tahun pelajaran 2018/2019. Dari analisis data diperoleh : (1) Penerapan pendekatan saintifik efektif materi pokok hukum-hukum dasar kimia pada peserta didik kelas X MIPA 6 SMA Negeri 7 Kupang tahun pelajaran 2018/2019 (2) Tanggung jawab peserta didik kelas X MIPA 6 SMA Negeri 7Kupang tahun pelajaran 2018/2019 termasuk dalam kategori baik dengan rata-rata persentase sebesar 80% (3) Kemampuan penalaran formal peserta didik kelas X MIPA 6 SMA Negeri 7Kupang tahun pelajaran 2018/2019 termasuk dalam kategori formal dengan rata-rata nilai kemampuan penalaran formal sebesar 68, (4) Ada hubungan yang signifikan antara tanggung jawab dan kemampuan penalaran formal terhadap hasil belajar pengetahuan dan hasil belajar keterampilan dengan menerapkan pendekatan saintifik materi pokok hukum-hukum dasar kimia pada peserta didik kelas X MIPA 6 SMA Negeri 7 Kupang tahun pelajaran 2018/2019 dengan koefisien korelasi masing-masing = 0,97 dan = 0,62 (5) Ada pengaruh yang signifikan antara tanggung jawab dan kemampuan penalaran formal terhadap hasil belajar pengetahuan dan hasil belajar keterampilan dengan menerapkan pendekatan saintifik materi pokok hukum-hukum dasar kimia pada peserta didik kelas X MIPA 6 SMA Negeri 7 Kupang tahun pelajaran 2018/2019 dengan persamaan regresi ganda masing-masingi Yˆ  54,97 + 0,14 X1 + 0,25 X2 dan Yˆ  61,96 + 0,14 X1 +0,15 X2, dengan F hitung masing-masing 294,34, dan 10,370 .

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Tanggung Jawab,Kemampuan Penalaran Formal, Pendekatan saintifik, Hasil Belajar Pengetahuan dan Hasil Belajar Keterampilan Peserta Didik
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: andre berek
Date Deposited: 07 Jan 2020 04:20
Last Modified: 07 Jan 2020 04:20
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/1160

Actions (login required)

View Item View Item