Analisis Pengelolaan Anggaran Penanggulangan Risiko Bencana Pada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Ende Tahun 2020

ALIMIN, Mariamtri Kartika Cici (2023) Analisis Pengelolaan Anggaran Penanggulangan Risiko Bencana Pada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Ende Tahun 2020. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (531kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (317kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (471kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (214kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (461kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (499kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (212kB)

Abstract

Masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah bagaimana pengelolaan anggaran penanggulangan risiko bencana pada Badan Penanggulangan Bencana (BPBD) Kabupaten Ende Tahun 2020 ?. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengelolaan anggaran penanggulangan risiko bencana pada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Ende Tahun 2020. Jenis data dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Menurut sifat data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kuantitatif dan kualitatif. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Perencanaan yang dilakukan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Ende telah disahkan oleh pemerintah daerah untuk melaksanakan program dan kegiatan yang diadakan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Ende. (2) Pelaksanaan Pengelolaan Anggaran pada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Ende kurang maksimal dikarenakan anggaran yang di anggarkan oleh tiap-tiap program dan kegiatan telah di refocusing untuk penanganan bencana non alam (Covid-19) sehingga ada beberapa program yang belum berjalan dengan baik. (3) Penatausahaan pada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Ende sudah melakukan tahapan-tahapan sesuai dengan sistem akuntansi yang berlaku pada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Ende. (4.) Pelaporan Pertanggungjawaban pengelolaan anggaran pada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Ende telah mempertanggungjawabkan anggaran yang di refocusing dalam penanganan bencana non alam (Covid-19) yang menyebabkan anggaran tidak terealisasi dengan baik pada program dan kegiatan yang ada di Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Ende. (5) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Ende sudah melakukan tahapan-tahapan dan mekanisme sesuai dengan persyaratan dan peraturan perundang-undangan yang berlaku serta sangat antusias terhadap Pengawasanpengawasan yang ditetapkan. Dengan demikian disarankan kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Ende dalam menghadapi sejumlah kesulitan atau permasalahan yang dihadapi maka untuk mengatasi pelaksanaan pengelolaan anggaran yang terkendala anggaran yang di refocusing sepatutnya Badan Penanggulangan bencana daerah mengajukan permintaan bantuan anggaran ke BNPB Indonesia sehingga Program dan kegiatan yang sudah direncanakan dapat diselenggarakan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Perencanan, Pelaksanaan, Penatausahaan, Pelaporan dan pertanggungjawaban, pengawasan
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
H Social Sciences > HG Finance
H Social Sciences > HJ Public Finance
J Political Science > JS Local government Municipal government
Divisions: Fakultas Ekonomika dan Bisnis > Program Studi Akuntansi
Depositing User: S. Ak MARIAMTRI KARTIKA CICI ALIMIN
Date Deposited: 23 Feb 2023 23:42
Last Modified: 07 Mar 2024 01:36
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/11927

Actions (login required)

View Item View Item