AYUNINGRUM, Bernadeth Helena (2019) Strategi Komunikasi Pemasaran Melalui Media Sosial On The Rock Hotel By Prasanthi (Studi Kasus Pada Akun Instagram @Ontherockhotel). Diploma thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.
Text
ABSTRAKSI.pdf Download (259kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (140kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (146kB) |
|
Text
BAB III.pdf Download (46kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Download (422kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (249kB) |
|
Text
BAB VI.pdf Download (443kB) |
Abstract
Konsep-konsep yang digunakan dalam penelitian ini adalah konsep komunikasi secara umum dan konsep komunikasi pemasaran serta strategi yang digunakan dalam komunikasi pemasaran. Konsep lain yang digunakan adalah media sosial, instagram, dan hotel. Penelitian dilakukan di sales and marketing department,On The Rock Hotel by Prasanthi dengan mewawancarai lima narasumber. Penelitian dilakukan dengan wawancara mendalam, observasi, dan focus group discussion. Analisis yang dilakukan oleh peneliti menggunakan indikator dimensi-dimensi SOSTAC yakni Situation,Objectives, Strategy, Tactics, Action, Controlling. Setelah melakukan analisis, penelitian dilanjutkan dengan menginterpretasi hasil analisis dengan konsep SOSTAC yang digunakan dalam penelitian ini. Dimensi Situation yang dialami oleh On The Rock Hotel by Prasanthi adalah On The Rock Hotel by Prasanthi bersaing dengan hotel lainnya dalam membentuk citra hotel dan meningkatkan penghasilan melalui media sosial instagram. Dimensi Objectives yang ditetapkan adalah mensejahterakan masyarakat dan menghadirkan keramahan khas Nusa Tenggara Timur dalam pelayanan perhotelannya. Dimensi Stretgy yang digunakan adalah dengan mengelola instagram dan vitur-vitur yang ada di instagram untuk tujuan yang telah ditetapkan. Dimensi Tactics yang digunakan adalah dengan menggunakan caption, hashtag, instastory dan advertising. Dimensi Action yang dilakukan adalah dengan penunjukan sales and marketing department sebagai tim pelaksananya. Dimensi Controlling dilakukan dengan membuat laporan setiap bulan. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah strategi komunikasi pemasaran melalui media sosial instagram yang dilakukan oleh On The Rock Hotel by Prasanthi merupakan upaya untuk membentuk image di media sosial sebagai hotel yang memiliki kearifan lokal budaya NTT dan nyaman untuk dijadikan tempat bermalam namun kurang optimal dalam aksi karena tidak adanya kontrol dan konsistensi waktu publikasi. Peneliti memberikan saran yakni, dibuatnya kesepakatan waktu dan jumlah dalam mempublikasikan konten serta menjadikan instagram sebagai sarana penjualan dua arah dengan memnciptakan promo atau transaksi istimewa yang dilakukan melalui instagram.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management H Social Sciences > HE Transportation and Communications Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Antonia M. Ngole |
Date Deposited: | 20 Jan 2020 05:24 |
Last Modified: | 20 Jan 2020 05:24 |
URI: | http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/1282 |
Actions (login required)
View Item |