Pengaruh Kecerdasan Emosional Dan Keterampilan Pemecahan Masalah Terhadap Hasil Belajar Pengetahuan Dan Hasil Belajar Keterampilan Dengan Menerapkan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Materi Pokok Larutan Elektrolit Dan Nonelektrolit Pada Peserta Didik Kelas X IPA 4 SMA Negeri 6 Kupang Tahun Pelajaran 2018/2019

NAHAK, Maria Delfi L. (2019) Pengaruh Kecerdasan Emosional Dan Keterampilan Pemecahan Masalah Terhadap Hasil Belajar Pengetahuan Dan Hasil Belajar Keterampilan Dengan Menerapkan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Materi Pokok Larutan Elektrolit Dan Nonelektrolit Pada Peserta Didik Kelas X IPA 4 SMA Negeri 6 Kupang Tahun Pelajaran 2018/2019. Diploma thesis, Unika Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAKSI.pdf

Download (677kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (179kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (288kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (291kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (470kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (126kB)

Abstract

Kecerdasan emosional adalah kemampuan individu dalam menggunakan (mengelola) emosinya secara efektif untuk mencapai tujuan, membangun hubungan yang produktif dengan orang lain dan meraih keberhasilan. Keterampilan pemecahan masalah merupakan suatu proses untuk mengatasi kesulitan-kesulitan yang dihadapi untuk mencapai tujuan yang diharapkan. Model pembelajaran berbasis masalah adalah upaya memberikan nilai terhadap kegiatan belajar dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah yang dilakukan oleh guru dan peserta didik mencapai tujuan-tujuan yang dilakukan. Masalah pokok dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana efektifitas penerapan model pembelajaran berbasis masalah materi larutan elektrolit dan nonelektrolit pada peserta didik kelas X IPA 4 SMA Negeri 6 Kupang tahun ajaran 2018/2019? (2) Bagaimanakah kecerdasaan emosional peserta didik kelas X IPA 4 SMA Negeri 6 Kupang tahun ajaran 2018/2019? (3) Bagaimanakah kemampuan pemecahan masalah peserta didik kelas X IPA 6 SMA Negeri 6 Kupang tahun ajaran 2018/2019? (4) Adakah hubungan kecerdasan emosional dan kemampuan pemecahan masalah terhadap hasil belajar pengetahuan dan hasil belajar keterampilan dengan menerapkan model pembelajaran berbasis masalah peserta didik kelas X IPA 4 SMA Negeri 6 Kupang tahun ajaran 2018/2019? (5) Adakah pengaruh kecerdasan emosional dan kemampuan pemecahan masalah terhadap hasil belajar pengetahuan dan hasil belajar keterampilan dengan menerapkan model pembelajaran berbasis masalah peserta didik kelas X IPA 4 SMA Negeri 6 Kupang tahun ajaran 2018/2019? Tujuan dalam penelitian ini (1) Mengetahui efektifitas dengan menerapkan model pembelajaran berbasis masalah peserta didik kelas X IPA 4 SMA Negeri 6 Kupang tahun ajaran 2018/2019 (2) Mengetahui kecerdasaan emosional peserta didik kelas X IPA 4 SMA Negeri 6 Kupang tahun ajaran 2018/2019 (3) Mengetahui kemampuan pemecahan masalah peserta didik kelas X IPA 4 SMA Negeri 6 Kupang tahun ajaran 2018/2019 (4) Mengetahui ada tidaknya hubungan kecerdasan emosional dan kemampuan pemecahan masalah terhadap hasil belajar pengetahuan dan hasil belajar keterampilan dengan menerapkan model pembelajaran berbasis masalah materi pokok larutan elektrolit dan nonelektrolit peserta didik kelas X IPA 4 SMA Negeri 6 Kupang tahun ajaran 2018/2019. (5) Mengetahui ada tidaknya pengaruh kecerdasan emosional dan kemampuan pemecahan masalah terhadap hasil belajar pengetahuan dan hasil belajar keterampilan dengan menerapkan model pembelajaran berbasis masalah materi pokok larutan elektrolit dan nonelektrolit peserta didik kelas X IPA 4 SMA Negeri 6 Kupang tahun ajaran 2018/2019. Sampel dalam penelitian peserta didikkelas X IPA 4 SMA Negeri 6 Kupang tahun ajaran 2018/2019. Dari analisis data diperoleh : (1) Pembelajaran dengan menerapkan dengan menerapkan model pembelajaran berbasis masalah materi pokok larutan elektrolit dan nonelektrolit peserta didik kelas X IPA 4 SMA Negeri 6 Kupang tahun ajaran 2018/2019, termasuk dalam kategori baik dengan skor rata-rata 3,78 (2) Kecerdasan emosional peserta didik kelas X IPA 4 SMA Negeri 6 Kupang sangat tinggi dengan persentase rata-rata sebesar 99,77% (3) Kemampuan pemecahan masalah peserta didik kelas X IPA 4 SMA Negeri 6 Kupang tahun ajaran 2018/2019 sangat baik dengan nilai rata-rata 85,26. (4) a. Ada hubungan yang signifikan antara kecerdasan emosional dan keterampilan pemecahan masalah terhadap hasil belajar pengetahuan dengan menerapkan model pembelajaran berbasis masalah peserta didik kelas X IPA 4 SMA Negeri 6 Kupang tahun ajaran 2018/2019 yang ditunjukan dengan nilai koofisien korelasi (rx1x2y1) = 0,869 dan nilai F������ > F�� � atau 43,093 > 3,340. b. Ada hubungan yang signifikan antara kecerdasan emosional dan keterampilan pemecahan masalah terhadap hasil belajar keterampilan dengan menerapkan model pembelajaran berbasis masalah peserta didik kelas X IPA 4 SMA Negeri 6 Kupang tahun ajaran 2018/2019 yang ditunjukan dengan nilai koofisien korelasi (rx1x2y2) = 0,736 dan nilai F������ > F�� � atau 16,527 > 3,340. (5) a. Ada pengaruh yang signifikan antara kecerdasan emosional dan keterampilan pemecahan masalah terhadap hasil belajar pengetahuan dengan menerapkan model pembelajaran berbasis masalah materi pokok larutan elektrolit dan nonelektrolit peserta didik kelas X IPA 4 SMA Negeri 6 Kupang tahun ajaran 2018/2019 dengan persamaan regresi berganda Yˆ  1,196 + 0,122 X1 + 0,88 X2 dan nilai Fhitung > Ftabel atau 43,0925 > 3,340. b. Ada pengaruh yang signifikan antara kecerdasan emosional dan keterampilan pemecahan masalah terhadap hasil belajar keterampilan dengan menerapkan pendekatan model pembelajaran berbasis masalah materi pokok larutan elektrolit dan nonelektrolit peserta didik kelas X IPA 4 SMA Negeri 6 Kupang tahun ajaran 2018/2019 dengan persamaan regresi berganda �� = 17,8908 + 0,367�� + 0,457� dan nilai Fhitung > Ftabel atau 16,527 > 3,340.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan Emosional, Keterampilan Pemecahan Masalah, Model Pembelajaran Berbasis Masalah, Hasil Belajar Pengetahuan Peserta Didik, Hasil Belajar Keterampilan Peserta Didik
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: andre berek
Date Deposited: 22 Jan 2020 00:50
Last Modified: 22 Jan 2020 00:50
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/1337

Actions (login required)

View Item View Item