TUTO, Maria Goreti (2019) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams-Achievement Division(Stad) Materi Pokok Cahaya Pada Peserta Didik Kelas VIII B Semester Genap SMP Angkasa Kupang Tahun Ajaran 2018/2019. Diploma thesis, Unika Widya Mandira.
Text
ABSTRAK.pdf Download (911kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (98kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (943kB) |
|
Text
BAB III.pdf Download (300kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Download (758kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (92kB) |
Abstract
Model pembelajaranKooperatif Tipe Stad merupakan salah satu tipe dari model pembelajaran kooperatif dengan menggunakan kelompok-kelompok kecil dengan anggota tiap-tiap kelompok 4- 5 peserta didik secara heterogen. Masalah utama dalam penelitian ini adalah “Bagaimanakah hasil penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD materi pokok cahaya pada peserta didik kelas VIII semester genap SMP Angkasa Penfui Kupang tahun ajaran 2018/2019?”Secara terperinci rumusan masalah dapat diuraikan sebagai berikut: 1) Bagaimana kemampuan pendidik dalam mengelola pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD materi pokok cahaya pada peserta didik kelas VIII semester genap SMP Angkasa Penfui Kupang tahun ajaran 2018/2019?2)Bagaimana keterampilan kooperatif peserta didik dalam mengelola kegiatan pembelajaran fisika yang menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD materi pokok cahaya pada peserta didik kelas VIII semester genap SMP Angkasa Penfui Kupang tahun ajaran 2018/2019?3)Bagaimana ketuntasan indikator hasil belajar dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD materi pokok cahaya pada peserta didik kelas VIII semester genap SMP Angkasa Penfui Kupang tahun ajaran 2018/2019?3)Bagaimana ketuntasan hasil belajar peserta didik dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD materi pokok cahaya pada peserta didik kelas VIII semester genap SMP Angkasa Penfui Kupang tahun ajaran 2018/2019?4)Bagaimana respon peserta didik terhadap kegiatan pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD materi pokok cahaya pada peserta didik kelas VIII semester genap SMP Angkasa Penfui Kupang tahun ajaran 2018/2019? Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif, subjek dalam penelitian ini adalah pendidik (peneliti) dan peserta didik kelas VIIIB semester genap SMP angkasa Kupang tahun ajaran 2018/2019 yang berjumlah 30 orang. Perangkat pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: Bahan Ajar Peserta Didik (BAPD), Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), Kisi-kisi Tes Hasil Belajar dan Tes Hasil Belajar (THB). Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi, tes, dan angket, dan penilaian. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar pengamatan pengelolaan pembelajaran (lembar penilaian perencanaan pembelajaran, lembar penilaian pelaksanaan pembelajaran, dan lembar evaluasi pembelajaran), tes hasil belajar, dan lembar isian respon peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan teknik analisis deskriptif yang meliputi skor rata-rata, proporsi, dan persentase. Berdasarkan hasil analisis deskriptif data penelitian dan pembahasan hasil penelitian, diperoleh bahwa pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe stad materi pokok cahaya pada peserta didik kelas VIIIB semester genap SMP angkasa Kupang Tahun Ajaran 2018/2019 yang berjumlah 30 orang secara umum mencapai hasil yang optimal. Secara terperinci diperoleh kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran adalah baik dengan skor masing-masing yaitu 3,93; 3,80; dan 4,00. Indikator hasil belajar (IHB) yang disiapkan sebanyak Sepuluh indikator kognitif, sembilan indikator afektif, dan enam indikator psikomotor dengan tiga RPP untuk masing-masing RPP semuanya tuntas dengan rata-rata proporsi masing-masing adalah 0,93; 0,89; dan o,85 ketuntasan Hasil Belajar (THB) peserta didik baik dari aspek kognitif, afektif, dan psikomotor secara kelas dikatakan tuntas dengan perolehan skor masing-masing adalah 0,96; 0,89; dan 0,86. Respon peserta didik terhadap kegiatan pembelajaran yang meliputi: kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, kegiatan penutup, pengelolaan waktu, dan suasana kelas dilakukan oleh pendidik semuanya berada dalam ketegori sangat baik dengan persentase masing-masing aspek secara berturut-turut adalah 84,13%; 86,74%; 85,83%; 83,83%; dan 84,00%.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Penerapan, koopertatif tipe stad, Cahaya, Deskriptif. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Antonia M. Ngole |
Date Deposited: | 22 Jan 2020 01:03 |
Last Modified: | 22 Jan 2020 01:03 |
URI: | http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/1342 |
Actions (login required)
View Item |